Belanda tak akan Ikut Aksi Berlutut Sebelum Laga Euro 2020

Red: Andri Saubani

 Georginio Wijnaldum
Georginio Wijnaldum Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Belanda memiliki cara melawan antirasisme dengan cara berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Skuad tim nasional Belanda tidak akan berlutut jelang laga pembuka mereka di Euro 2020 melawan Ukraina pada Ahad (13/6), demikian ditegaskan kapten Georginio Wijnaldum. Dia mengatakan itu adalah keputusan tim untuk tidak mengikuti langkah Belgia, juara dunia Prancis, Inggris, dan Wales berlutut sebelum sepak mula untuk menyoroti ketidakadilan rasial.

"Kami telah bicara tentang itu tapi kami memutuskan untuk tidak melakukannya. Kami mencoba membawa perhatian terhadap masalah tersebut dengan cara yang berbeda," kata Wijnaldum di sesi jumpa pers, Sabtu (12/6).

Baca Juga

"Sebenarnya, hanya para pemain yang bermain di Inggris yang terbiasa dengan ini," tambah sang gelandang, yang akan meninggalkan Liverpool menuju Paris Saint-Germain ketika kontraknya berakhir pada 30 Juni.

Awal dari Euro dibayangi oleh konflik di luar lapangan terkait gestur anti-rasisme yang digagas oleh quarterback NFL Colin Kaepernick dan dipopulerkan oleh gerakan Black Lives Matter. UEFA memberi kebebasan setiap tim apakah mereka berlutut dan memberi tahu wasit terlebih dahulu sebelum laga, menjadi sebuah langkah yang berlawanan dengan sikap lama mereka yang menentang protes politik.

Terkait


  NGolo Kante (tengah) dari Prancis beraksi melawan Adam Nagy (kanan) dari Hongaria dan Laszlo Kleinheisler (kiri) dari Hongaria selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Hongaria dan Prancis di Budapest, Hongaria, Sabtu (19/6).

Prancis Vs Hongaria Berakhir Seri 1-1

Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps

Lawan Hungaria, Prancis Incar Tiket ke Babak 16 Besar

Pelatih kepala Jerman Joachim Loew

Pelatih Jerman: Ronaldo Bukan Satu-satunya Ancaman Portugal

Logo EURO 2020 (ilustrasi)

Kasus Covid Melonjak, Moskow Tutup Zona Fans Euro 2020

Pelatih kepala Portugal Fernando Santos

Fernando Santos: Portugal Bukan Hanya Cristiano Ronaldo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image