Sabtu 12 Jun 2021 11:17 WIB

Pertamina Jamin Pasokan BBM tak Terpengaruh Kebakaran

Kebakaran juga tidak berdampak pada masyarakat yang tinggal di sekitar kilang.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Ratna Puspita
Kilang Cilacap
Foto: Dok Istimewa
Kilang Cilacap

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menjamin pasokan BBM dari kilang Cilacap tidak terganggu musibah kebakaran yang terjadi di salah tangki timbun di kompleks kilangnya, Jumat (11/6) malam. “Kilang Cilacap masih dapat beroperasi normal. Pertamina memastikan pasokan BBM dan elpiji tidak akan terganggu,” kata Area Manager Communication, Relations, dan CSR, Kilang Pertamina Cilacap Hatim Ilwan, dalam keterangannya, Sabtu (12/6).

Dia juga memastikan, musibah kebakaran juga tidak berdampak pada masyarakat yang tinggal di sekitar kilang. “Masyarakat dalam kondisi aman dan tidak terdampak, karena lokasi area tangki yang terbakar berada jauh dari pemukiman warga,” kata dia.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, dia juga meluruskan informasi yang menyebabkan kebakaran terjadi pada kilang pengolahan. Menurutnya, kebakaran hanya terjadi pada salah satu tangki penimbunan produk pengolahan kilang yang lokasinya berada cukup jauh dari lokasi kilang pengolahan. 

Bahkan, menurutnya, saat ini api sudah dapat dikendalikan. “Petugas pemadam, saat ini sedang dilakukan upaya pendinginan dan menyisir titik api yang mungkin masih bisa timbul,” jelasnya.

 

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, dalam keterangannya mengatakan lokasi tangki timbun yang terbakar jauh dari pemukiman penduduk maupun jalan raya.  “Bangunan terdekat merupakan area pabrik yang berjarak sekitar 350 meter dari lokasi kebakaran. Jadi cukup jauh dari pemukiman warga,” ujarnya.

Saat ini, kata Kapolres, polisi masih fokus pada pengamanan perimeter dan area sekitar kilang. “Kami menerjunkan personel untuk melakukan patroli dan menghimbau warga menjauh dari lokasi kebakaran,” katanya.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman memastikan kebakaran ini tidak berdampak pada masyarakat sekitar kilang, karena titik kebakaran berada jauh dari pemukiman. Karena itu, dia meminta masyarakat sekitar kilang tidak perlu panik dan khawatir.

“Tim pemadam kebakaran Pertamina Cilacap secara profesional terus melakukan tugasnya. Kapanpun dibutuhkan, tim pemadam dari Pemkab Cilacap  juga siap diturunkan bila dibutuhkan. Kami bersama TNI dan Polri siap membantu mengamankan Pertamina sebagai obyek vital nasional,” kata dia.

Kebakaran di salah satu tangki timbun BBM kilang Pertamina Cilacap, terjadi pukul 19.30 WIB. Hingga saat ini, pendinginan masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement