Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Kaspersky Bikin Game, Ini Kegunaannya...

Sabtu 12 Jun 2021 19:05 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Kaspersky Bikin Game, Ini Kegunaannya... (Foto: Kaspersky)

Kaspersky Bikin Game, Ini Kegunaannya... (Foto: Kaspersky)

Kaspersky menciptakan skenario mengenai pembangkit listrik di virtual reality (VR)

Kaspersky telah menciptakan skenario mengenai pembangkit listrik yang tersedia untuk dimainkan di virtual reality (VR), dalam sebuah game simulasi bisnis strategis milik perusahaan keamanan siber global ini.

Berkat teknologi tersebut, pengambil keputusan dan manajer senior perusahaan dapat “bekerja” sebagai spesialis keamanan informasi. Ini memungkinkan mereka berkaca dari pengalaman langsung bagaimana keputusan terkait keamanan siber memengaruhi bisnis dan menunjukkan hubungan antara keamanan siber dan efisiensi perusahaan.

Baca Juga: Lytogame Hadirkan Game Baru Genre Shooter-RPG dengan Gaya Anime

Karena lini bisnis berbeda memiliki KPI dan prioritas yang berbeda pula, mungkin sulit bagi mereka untuk memahami persyaratan dan peran spesifik unit bisnis lain. Hal ini dapat menyebabkan penundaan persetujuan atau pemotongan anggaran secara sepihak.

Misalnya, menurut survei Kaspersky terhadap lebih dari 330 perusahaan industri di seluruh dunia, masalah birokrasi, seperti proses persetujuan yang panjang (31%) dan terlalu banyak pembuat keputusan (23%), menjadi beberapa faktor hambatan paling umum untuk memperkenalkan proyek keamanan informasi.

Untuk menyampaikan pesan kepada para eksekutif bisnis mengenai potensi implikasi keamanan siber dan membantu mereka lebih memahami topik tersebut, Kaspersky menawarkan game simulasi bisnis khusus. Dan dengan terjemahan ke VR, salah satu teknologi paling menjanjikan dalam edukasi perusahaan, skenario pembangkit listrik dari permainan menjadi lebih ilustratif, karena manajer puncak sekarang benar-benar tenggelam dalam pekerjaan departemen keamanan informasi.

Semua peserta permainan dibagi menjadi beberapa tim lawan yang akan memainkan permainan secara paralel. Mereka berperan sebagai karyawan dari departemen keamanan informasi yang berbeda di pembangkit listrik. Dengan bantuan kacamata VR, pemain "dipindahkan" ke pusat kendali, di mana mereka dapat melihat anggota tim mereka (dalam bentuk avatar grafis) dan model tanaman. Dari jendela, mereka dapat melihat fasilitas pabrik dan kota yang dialiri listrik oleh perusahaan.

Tugas mereka adalah membuat dan menjalankan strategi keamanan informasi yang membuat pembangkit listrik tetap bekerja dan menghasilkan pendapatan, serta merespons peristiwa keamanan siber yang terjadi dalam game. Untuk melakukan ini, pemain harus memilih kartu dengan tindakan proaktif dan reaktif – misalnya, untuk melakukan audit keamanan, membeli solusi perlindungan titik akhir, atau merilis pernyataan publik jika terjadi kesalahan.

Setiap pilihan yang dibuat oleh tim mempengaruhi anggaran perusahaan dan postur keamanan serta mengubah alur permainan. Setelah setiap giliran, game trainer akan  menunjukkan hasil untuk setiap tim. Tim yang mendapat pendapatan lebih tinggi di akhir permainan adalah pemenangnya. Jika strateginya tidak efektif, para pemain akan melihatnya dengan mata kepala sendiri – misalnya, seperti para penyerang yang mengeksploitasi kerentanan dalam infrastruktur TI perusahaan yang dapat merusak peralatan, menyebabkan pemadaman, atau merusak filter pemurnian, sehingga udara menjadi beracun.

Sebagai hasilnya, para eksekutif bisnis akan mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai inisiatif keamanan siber, atau manfaatnya terhadap bisnis mereka dan mempertimbangkan anggaran keamanan siber sebagai sebuah investasi strategis.

“Setelah masa pembatasan sosial, kami memindahkan Kaspersky Interactive Protection Simulation ke dalam format online. Dan meskipun ini cukup berhasil, kami menyadari bahwa para peserta tidak memiliki atribut fisik permainan - misalnya, mereka tidak dapat melihat anggota tim atau kartu permainan secara fisik. VR menyediakan ini dan banyak lagi - sekarang tidak hanya dapat mendengar ketika ada ledakan di pabrik, tetapi mereka dapat pergi menuju jendela dan melihatnya. Pengalaman yang begitu mendalam ini dapat meningkatkan efektivitas pelatihan,” kata Denis Barinov, Head of Kaspersky Academy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Kaspersky Interactive Protection Simulation adalah bagian dari portofolio Kaspersky Security Awareness, yang menggabungkan teknik pembelajaran modern dengan keahlian perusahaan yang luas dalam keamanan siber.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA