Italia Kalahkan Turki di Laga Pembuka Euro 2020

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar

Italia melawan Turki pada laga pembuka Euro 2020
Italia melawan Turki pada laga pembuka Euro 2020 Foto: football italia
Gol pembuka kemenangan Italia adalah gol bunuh diri dari pemain Turki di Euro 2020

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Italia meraih hasil positif pada laga perdana penyisihan Grup A Euro 2020 melawan Turki di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6) dini hari WIB. Azzuri menang 3-0 berkat gol bunuh diri Merih Demiral dan gol Ciro Immobile serta Lorenzo Insigne.

Italia tertahan tanpa gol pada babak pertama. Meski mendominasi permainan, Italia kesulitan menjebol gawang Turki hingga jeda.

Italia langsung menekan Turki dengan tempo tinggi sejak pertandingan dimulai. Ciro Immobile pun menciptakan peluang emas ketika laga berjalan tiga menit. Striker Lazio itu melakukan tembakan dari sisi kanan gawang Turki. Namun masih melenceng tipis.

Adapun Turki terpaksan menunggu kesempatan bagus untuk menyerang ke pertahanan Italia. Pasalnya, gawang mereka terancam dengan serangan bertubi-tubi tim Azzuri sehingga berisiko jika bermain menyerang.

Pada menit ke-18, Lorenzo Insigne mendapatkan peluang melalui skema umpan satu dua. Tetapi tendangan plesingnya masih melebar ke kanan gawang Turki. Italia benar-benar tak memberikan Turki mendekat ke area pertahanannya.

Seluruh lini Italia bermain bagus. Pertahanan yang dipimpin Giorgio Chiellini sangat tangguh untuk ditembus Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan. Para gelandang Italia juga sangat dominan di lini tengah sehingga nyaman mengatur alur permainan.

Pada menit ke-33, Immobile mendapatkan peluang lewat sundulan setelah menerima umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Turki. Tetapi sundulannya masih melebar.

Turki mendapatkan peluang bagus ketika menit ke-35 mereka melakukan serangan balik. Umpan silang dari sisi kanan pertahanan Italia masih bisa dipatahkan setelah Donnarumma keluar dari sarangnya untuk menepis bola. Hingga babak pertama berakhir skor bertahan 0-0.

Italia tetap mendominasi permainan pada babak kedua. Namun Turki bermain lebih lepas. Beberapa ancaman mereka ciptakan salah satunya dibuat Cengiz Under pada menit ke-51. Namun tembakannya masih bisa diblok.

Italia akhirnya unggul 1-0 pada menit ke-53 setelah Merih Demiral melakukan gol bunuh diri. Pemain Juventus tersebut menghalau bola umpan dari Domineco Berardi dari sisi kanan gawang Turki. Namun halauannya justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.

Italia menambah keunggulan menjadi 2-0 ketika Ciro Immobile mencetak gol pada menit ke-66 memanfaatkan bola rebound. Tertinggal dua gol, Turki mencoba keluar menyerang. Tetapi usaha mereka selalu kandas oleh para pemain Italia.

Lorenzi Insigne membawa Italia unggul 3-0 pada menit ke-79 ketika tendangan plesingnya dari sisi kanan menjebol gawang Turki. Ia melakukan penyelesaian baik ketika mendapatkan assist dari Immobile. Gol tersebut sekaligu gol penutup dalam laga tersebut.

Terkait


 Pemain Inggris berbaris untuk pertandingan sepak bola babak penyisihan grup D UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Kroasia di stadion Wembley di London, Inggris, 13 Juni 2021.

Babak Pertama, Skor Inggris Vs Kroasia Kacamata

Pemain FinlandiaTeemu Pukki (bawah) mengontrol bola saat pemain Denmark Yussuf Poulsen (kiri) Daniel Wass (tengah) dan Christian Eriksen berlari untuk menghentikannya pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6).

Schmeichel Keputusan UEFA Terkait Laga Denmark Vs Finlandia

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memboyong 26 pemain dalam turnamen Euro 2020. Timnas Inggris akan menghadapi Kroasia di laga pembuka Grup D Euro 2020.

Manchester Mendominasi Skuad Timnas Inggris di Euro 2020

Inggris vs Kroasia membuka laga Grup D Euro 2020.

Ini Starting XI Inggris Vs Kroasia di Laga Grup D Euro 2022

Hewan peramal bernama Psychic Sausage memprediksi hasil pertandingan antara Inggris vs Kroasia di Euro 2020.

Doyan Sosis dan Daging, Inggris vs Kroasia Diprediksi Imbang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image