Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Manfaat tak Terduga Mengonsumsi Buah Naga 

Sabtu 12 Jun 2021 00:05 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Buah naga kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan energi.

Buah naga kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan energi.

Foto: Ari Bowo Sucipto/ANTARA
Buah naga kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan energi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah naga menjadi salah satu jenis buah yang banyak diminati masyarakat Indonesia, karena rasanya yang segar dan manis. Tidak hanya citarasa, buah yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan Amerika Latin itu juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari The List, Jumat (11/6), buah naga kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan energi, mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan mengatur natrium, kalium serta kalsium tubuh. Buah tropis ini juga mengandung banyak antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin yang dapat melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas berbahaya.

Baca Juga

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah naga dapat menurunkan gula darah, menggantikan sel-sel rusak yang bertugas memproduksi insulin. Menurut Healthline, buah naga juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat melawan penyakit kronis.  

Buah naga juga mengandung prebiotik yang mempromosikan usus yang sehat dengan menyeimbangkan bakteri usus Anda. Selain itu, buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi yang membantu memecah makanan dan mengangkut oksigen tubuh.

Kandungan seratnya yang substansial juga dapat meningkatkan rasa kenyang di antara waktu makan, menjadikannya camilan yang sempurna. Meskipun begitu, apakah aman jika mengonsumsi buah naga aman setiap hari?

Merujuk Healthline, buah naga tampaknya aman dikonsumsi setiap hari. Sejauh ini tidak ada juga penelitian yang menemukan efek samping negatif jika mengonsumsi buah naga setiap hari. Tetapi, bagaimanapun bagian kalian yang memiliki alergi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA