Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Tinju Bermanfaat Hilangkan Stres Hingga Bantu Massa Otot

Sabtu 12 Jun 2021 06:10 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Tinju termasuk olahraga full body workout untuk menurunkan berat badan.

Tinju termasuk olahraga full body workout untuk menurunkan berat badan.

Foto: Needpix
Tinju termasuk olahraga full body workout untuk menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tinju termasuk olahraga full body workout yang dapat membantu membangun massa otot, menurunkan berat badan dan meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Dilakukan dengan atau tanpa ring tinju, latihan tinju melibatkan kombinasi kardio, latihan kekuatan dan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Pelatih kebugaran dan tinju, Ti Jones menjelaskan bahwa latihan tinju terdiri dari pemanasan, kombinasi pukulan, bodyweight (gerakan dengan memanfaatkan berat badan dan gravitasi) serta pembentukan otot-otot inti. Untuk pemanasan, Jones biasanya melakukan lompat tali selama sekitar enam menit.

Baca Juga

“Setelah pemanasan, saatnya mengenakan sarung tinju, dan mulai untuk mengikuti latihan inti berintensitas tinggi,” kata Jones seperti dilansir dari Health Digest, Jumat (11/6).

Yang tidak kalah penting, pastikan Anda memakai pakaian olahraga yang tahan terhadap gerakan berdampak tinggi. Ia menyarankan untuk mengenakan legging yang nyaman atau celana pendek, dan pastikan mengikat rambut jika berambut panjang.

Lalu apa saja manfaat kesehatan dari tinju? Pertama dan terpenting, tinju akan memperkuat dan mengencangkan seluruh tubuh. Tinju adalah latihan full body yang artinya tidak hanya melatih kekuatan lengan, namun juga kaki, pinggul, bahu, punggung, dan otot inti. Hasilnya, tinju dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan kardio, serta keseimbangan, koordinasi, serta kelincahan.

Karena tinju adalah latihan kardio, kekuatan, dan HIIT, Anda dapat membakar banyak kalori dalam satu sesi. Satu kali latihan berpotensi membakar hingga 400 kalori dalam 30 menit, namun itu pun bergantung pada berat badan dan intensitas kelas tinju.

Tinju juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Faktanya, memukul ring tinju adalah cara yang sehat untuk melepaskan ketegangan dan endorfin yang dapat membuat suasana hati menjadi rileks. Tinju juga dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat Anda merasa lebih percaya diri.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA