Jumat 11 Jun 2021 19:32 WIB

Kepala BNPB Tinjau RS Lapangan Idjen Kota Malang

Ketua BNPB nilai RS Lapangan Idjen Boulevard sudah siap

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Ganip Warsito mengunjungi RS Lapangan Idjen Boulevard Kota Malang, Jumat (11/6).
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Ganip Warsito mengunjungi RS Lapangan Idjen Boulevard Kota Malang, Jumat (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Ganip Warsito meninjau sejumlah RS Lapangan di Jawa Timur (Jatim). Salah satunya, yakni RS Lapangan Idjen Boulevard, Kota Malang, Jumat (11/6).

Ganip mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan kondisi terkini di RS Lapangan Idjen Boulevard. Seluruh aspek baik tenaga kesehatan, fasilitas dan obat-obatan juga telah diperiksa langsung olehnya. "Semua dalam keadaan siap," kata Ganip kepada wartawan di RS Lapangan Idjen Boulevard, Jumat (11/6).

Pada aspek pasien Covid-19, Ganip memastikan, keterisiannya cukup rendah. Situasi ini bisa menjadi antisipasi manakala terjadi ledakan kasus di daerah lain. Namun dia berharap kondisi tersebut tidak terjadi mengingat pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pengendalian.

Menurut Ganip, BNPB selaku Satgas Covid-19 bersama pemerintah provinsi, kota dam kabupaten sudah melakukan sejumlah langkah penanganan. Pertama, melalui pendampingan di mana telah diperbaiki manajemen lapangan dalam rangka penanganan Covid-19. Kedua, melalui langkah penguatan, baik dari aspek tenaga medis, obat-obatan maupun lapangan dengan pengetatan pelaksanaan PPKM Mikro.

 

Hal terpenting, Ganip mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. Utamanya dalam menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Kemudian selalu menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Ini yang terpenting untuk kita bisa menjaga diri. Kalau diri kita terjaga, orang lain juga terjaga, akhirnya semua aman," jelasnya.

Berikutnya,  BNPB dan elemen pemerintah berusaha mengoptimalkan lagi kerja sama dengan berbagai pihak. Sebab itu, dia mengajak para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda untuk bersama-sama melakukan sosialisasi serta edukasi atas pentingnya protokol kesehatan. Hal ini terutama dalam penggunaan masker yang merupakan jaminan kesehatan masing-masing individu.

Ganip juga meminta warga untuk tidak ragu dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. "Karena vaksin ini dibutuhkan untuk menjaga diri kita, menciptakan juga herd immunity, kekebalan masyarakat," kata dia menambahkan.

RS Lapangan Idjen Boulevard setidaknya menyediakan 307 tempat tidur, baik untuk pasien perempuan maupun laki-laki. Berdasarkan data per 11 Juni 2021, 70 tempat tidur telah diisi oleh pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement