Jumat 11 Jun 2021 16:32 WIB

Jokowi Puji Mega yang 'Lahirkan' UU KPK

Pujian Jokowi disampaikannya di acara pengukuhan Megawati.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Indira Rezkisari
 Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.
Foto: istimewa
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima RI, yang dinilai punya andil besar dalam mengesahkan Undang-Undang (UU) nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aturan perundang-undangan ini yang melandasi dibentuknya lembaga antirasuah, KPK. Meski perlu diingat pula, UU KPK yang disahkan di era Mega telah direvisi pada 2019 lalu.

Pujian Jokowi ini disampaikannya dalam acara pengukuhan Megawati sebagai guru besar tidak tetap Universitas Pertahanan, Jumat (11/6). Jokowi menyebutkan, ada banyak kebijakan yang diambil Mega semasa kepemimpinannya, termasuk lahirnya sistem jaminan sosial nasional, lahirnya Perppu dan UU Antiterorisme, hingga lahirnya UU KPK.

Baca Juga

"Semua itu menunjukkan kepemimpinan strategis beliau dalam memperjuangkan demokrasi dan antikorupsi, dan memperjuangkan kepentingan nasional lainnya," ujar Jokowi.

Menurutnya, karakter kepemimpinan yang dimiliki Mega perlu dimiliki oleh setiap pemimpin, terutama ketika negara sedang menghadapi tantangan berat seperti hiperkompetisi dan pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam sambutannya di acara Unhan sore ini, Jokowi memberi selamat atas pengukuhan Megawati sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan stragis. Menurut Jokowi, keputusan Unhan ini sangat tepat.

"Ibu Megawati merupakan seorang pemimpin strategis yang telah dicatat sejarah sebagai pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintahan Indonesia," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement