Jumat 11 Jun 2021 16:30 WIB

Presiden Jokowi Apresiasi Bandara JBS Sudah Operasional

Rombongan Presiden tiba di Bandara Soedirman menggunakan pesawat khusus ATR 72.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA --  Presiden Joko Widodo mengapresiasi telah beroperasinya penerbangan komersial di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Purbalingga, Jawa Tengah. Menurutnya, meski masih menggunakan terminal darurat atau tenda, namun sudah bisa melayani penerbangan komersial.

''Ini bagus, saya senang meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tetapi airportnya sudah dipakai,'' katanya saat  melakukan kunjungan kerja ke Bandara JBS, Purbalingga, Jumat (11/6).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Presiden tiba di Bandara Soedirman dengan menggunakan pesawat khusus ATR 72-600. Saat turun dari pesawat, Presiden terlihat didampingi istri Iriana Joko Widodo. Ikut serta dalam rombongan tersebut, Mensesneg Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Kedatangan rombongan disambut Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dan jajaran pejabat penting lainnya. Menurut Presiden, langkah percepatan pengoperasian bandara ini dinilai lebih produktif sehingga keberadaan bandara bisa lebih cepat dimanfaatkan oleh masyarakat.

''Saya kira ini lebih produktif daripada kita menunggu terminal harus selesai, kemudian baru dilakukan penerbangan. Saya kira, cara-cara cepat seperti ini yang akan terus kita lakukan juga terhadap bandara-bandara  yang lain yang (masih) dalam proses dibangun,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengungkapkan syukur karena bandara yang belum lama beroperasi sudah mendapat antusias penumpang cukup baik, di atas 70 persen. Presiden berharap, keberadaan bandara ini akan memberikan kontribusi menumbuhkan ekonomi tidak hanya di Kabupaten Purbalingga, tapi juga di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, dan Kebumen.

''Kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, dan mobilitas logistik akan jadi lebih baik, sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan ini,'' ungkapnya.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua Presiden Joko Widodo di Bandara JB Soedirman. Kunjungan pertama dilakukan pada 23 April 2018 silam, saat dilakukan ground breaking pembangunan bandara.

Tak lama berkunjung ke Bandara JB Soedirman kali ini, Presiden lantas bertolak ke Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani, Semarang. Di Semarang, Presiden melakukan peninjauan vaksinasi massal di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Mas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement