Jumat 11 Jun 2021 16:07 WIB

Barella dan Immobile Diprediksi Jadi Pembeda di Skuad Italia

Marcello Lippi melihat Gli Azzurri memiliki segalanya untuk melangkah jauh.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
 Nicolo Barella, pemain andalan Inter Milan dan timnas Italia.
Foto: Marco Alpozzi / LaPresse via AP
Nicolo Barella, pemain andalan Inter Milan dan timnas Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sejumlah reaksi mulai terdengar jelang partai pembuka Piala Eropa (Euro) 2020. Italia berhadapan dengan Turki, di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6) dini hari WIB.

Mantan pelatih tuan rumah, Marcello Lippi, angkat bicara. Ia melihat Gli Azzurri memiliki segalanya untuk melangkah jauh.

Skuad polesan Roberto Mancini berisikan para jugador berkelas. Namun ada dua nama yang menurutnya bisa membuat perbedaan.

Pertama Nicolo Barella. Mengapa demikian?

"Karena dia melakukan semua yang dilakukan pemain top di posisinya. Dia bisa menyerang dan bertahan. Dia memiliki kepercayaan diri untuk menembak dari luar kotak penalti. Dia prototipe gelandang internasional yang hebat," kata Lippi, memuji penggawa Inter Milan itu, dikutip dari Football Italia, Jumat (11/6).

Tak berlebihan apa yang dikatakan Lippi. Barella salah satu aktor penting yang membawa Inter meraih scudetto Serie A Liga Italia.

Barella digadang-gadang bisa menjadi kapten Nerazzurri. Kendati baru berusia 24 tahun, Barella tak tergantikan di lini tengah La Nazionale.

Berikutnya, Lippi menyinggung sosok Cirro Immobile. Ia meyakini bomber asal klub Lazio itu bakal tampil trengginas pada Euro 2020.

"Saya percaya padanya, dan saya pikir, waktunya telah tiba, untuk menuai hasil dari kerja kerasnya," ujar pelatih yang membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 ini.

Tak lupa, sang allenatore legendaris menyebut nama Roberto Mancini. Menurutnya, yuniornya itu berjasa besar meningkatkan harga diri Negeri Spaghetti.

Italia yang punya nama besar dalam jagat sepak bola, sempat tenggelam, lantaran gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Namun tak butuh waktu lama bagi Gli Azzurri untuk kembali ke level teratas.

Di tangan Mancini, Leonardo Bonucci dan rekan-rekan, tak terkalahkan dalam 27 pertandingan terakhir. Itu terhitung sejak September 2018.

Italia menyapu bersih semua laga kualifikasi Piala Eropa 2020, dengan kemenangan. Dalam delapan partai terakhir di berbagai ajang, Gli Azzurri selalu menang, mencetak 25 gol, dan tanpa kebobolan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement