Jumat 11 Jun 2021 14:46 WIB

Saka Sering Nonton Aksi Rashford, Sterling, dan Harry Kane

Bukayo Saka mempelajari berbagai ilmu dari para senior di timnas Inggris.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pemain muda timnas Inggris, Bukayo Saka.
Foto: AP Photo/Scott Heppell, Pool
Pemain muda timnas Inggris, Bukayo Saka.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penyerang Arsenal, Bukayo Saka, membuat lompatan besar dalam karier sepak bolanya. Juru gedor 19 tahun itu sudah menembus skuad senior tim nasional (timnas) Inggris.

Saka menjadi bagian dari pasukan Gareth Southgate yang akan berlaga pada Piala Eropa (Euro) 2020. Saka mengakui, lewat proses pembelajaran, ia bisa berada di tahapan ini.

Saka bekerja keras. Ia mempelajari berbagai ilmu dari para senior.

"Saya biasa menonton aksi Marcus Rashford, Raheem Sterling, Harry Kane dari rumah. Terkadang menyaksikan pelatihan tim utama secara langsung atau dari Youtube. Sekarang saya berlatih bersama mereka. Anda dapat mempelajari berbagai hal, bagaimana gerakan mereka, juga operan," kata Saka dikutip dari ESPN, Jumat (11/6).

Di level klub, sang wonderkid menyinggung nama kapten the Gunners, Pierre-Emerick Aubameyang. Ia merasa mendapat masukan positif dari seorang Auba.

Saka melihat sendiri etos kerja eks Borussia Dortmund itu. Juga mentalitas yang ditonjolkan.

"Betapa hebatnya karakter dia, dan betapa pentingnya dia bagi saya. Juga untuk tim, dalam hal kebahagiaan dan getaran di ruang ganti. Saya menyukainya. Ini unik," ujar Saka.

Kendati masih belia, sang winger sudah menjadi andalan Arsenal. Sepanjang musim 2020/2021 bergulir, ia tampil dalam 46 laga di berbagai ajang.

Selama periode tersebut, Saka mencetak tujuh gol dan enam assist. Timnya finis di peringkat kedelapan klasemen akhir Liga Primer Inggris.

Saka termasuk pemain serbabisa. Selain berperan sebagai winger, ia juga mampu ditempatkan di area gelandang serang dan bek sayap.

Fakta demikian, menjadi tambahan yang bagus bagi Southgate. Sang arsitek tim memiliki pelapis berkelas yang fleksibel.

Di Euro 2020, Inggris berada di Grup D. Dalam kelompok tersebut, the Three Lions, bersaing dengan Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement