Stadion Olimpico: Genderang Perang Ditabuh di Sini 

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Stadion Olimpico di Roma, Italia menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020.
Stadion Olimpico di Roma, Italia menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020. Foto: EPA/CLAUDIO PERI
Stadion Olimpico akhirnya dibuka secara resmi pada 17 Mei 1953.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Dunia sepak bola akan menyambut gelaran kompetisi paling bergengsi di Eropa dalam waktu dekat, yaitu Piala Eropa 2020. Genderang perang akan ditabuh dini hari nanti WIB. Warga negara Italia beruntung karena stadion kebanggaan mereka, Stadio Olimpico akan menjadi salah satu venue gelaran empat tahunan tersebut. 

Stadio Olimpico yang berlokasi di Viale dei Gladiatori, Roma, mempunyai kaitan erat dengan sejarah panjang negara Italia. Venue berkapasitas 72.698 penonton itu dibangun enam tahun sejak Benito Mussolini menjabat sebagai pemimpin tertinggi Italia.

Pembangunan stadion dilakukan secara bertahap pada 1927 hingga 1932, dengan rancangan Angelo Frisa dan Enrico Del Debbio. Fasilitas olahraga tersebut mulanya diberi nama Stadio Dei Cipressi. Pada 1937 stadion kembali direnovasi untuk menambah tingkat dua, namun terhenti akibat Perang Dunia II dan dilanjutkan kembali pada Desember 1950 dengan rancangan Carlo Roccatelli.

Bagaimana pun, Stadio Olimpico akhirnya dibuka secara resmi pada 17 Mei 1953. Pertandingan antara Italia melawan Hungaria menjadi simbol pembukaan stadion tersebut. 

Setelah proses panjang pembangunan yang dilalui, Stadio Olimpico beranjak menjadi fasilitas olahraga utama dan terbesar di Roma dan menjadi aset dari Italian National Olympic Comittee. Bahkan, Olimpico mendapat rating dengan bintang empat dari UEFA.

Sejak diresmikannya, stadion yang tercatat sebagai stadion terbesar kesembilan di Eropa telah menjadi venue dari beberapa kompetisi penting; mulai dari Olimpiade Musim Panas 1960, European Athletics Championship 1974, Summer Universiade 1975, final Piala Europa 1977 dan 1984, Piala Eropa 1980, World Championship Athletics 1987, Piala Dunia 1990, hingga final Liga Champions 1996 dan 2009.

Kali ini, Stadio Olimpico akan menjadi salah satu venue pada penyelenggaraan Piala Eropa 2020 yang mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19 dan akan digelar pada 12 Juni hingga 11 Juli 2021. Bahkan, Olimpico akan menjadi venue pembuka Piala Eropa 2020 dengan menyajikan laga antara Italia melawan Turki, dini hari nanti WIB.

Timnas Italia tergabung ke dalam Grup A bersama dengan Turki, Swiss, dan Wales. Stadion Olimpico rencananya digunakan untuk menggelar tiga laga babak penyisihan Grup A yang seluruhnya melibatkan Italia termasuk laga pembuka Piala Eropa 2021.

Selain laga pembuka, jadwal laga grup lain yang digelar di Stadio Olimpico adalah Italia melawan Swiss pada 17 Juni, Italia melawan Wales pada 20 Juni. Selain itu, Olimpico juga menjadwalkan satu laga perempat final atau delapan besar Piala Eropa 2021.

 

Terkait


 Nicolo Barella, pemain andalan Inter Milan dan timnas Italia.

Barella dan Immobile Diprediksi Jadi Pembeda di Skuad Italia

Pelatih timnas Turki Senol Gunes.

Pelatih Turki Pede Bisa Jinakkan Italia

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Wali Kota Tangsel Larang Warga Nobar Euro 2020

Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Motivasi Ronaldo di Euro Layaknya Saat 2004

Bek timnas Inggris Harry Maguire.

Maguire Mulai Ikuti Latihan tapi Masih Diragukan Tampil

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image