Jumat 11 Jun 2021 16:30 WIB

UEA Uji Coba Vaksin Sinopharm pada Anak Usia 3-17 Tahun

Vaksin Sinopharm diuji coba UEA untuk anak usia 3-17 tahun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
UEA Uji Coba Vaksin Sinopharm pada Anak Usia 3-17 Tahun. Foto: Vaksin Sinopharm.
Foto: EPA
UEA Uji Coba Vaksin Sinopharm pada Anak Usia 3-17 Tahun. Foto: Vaksin Sinopharm.

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI --- Kementerian Kesehatan dan Pencegahan Uni Emirat Arab (MOHAP) akan melakukan uji coba pemberian vaksin sinopharm untuk anak-anak usia 3 sampai 17 tahun. Pemerintah UEA pun akan menerapkan semua protokol medis sesuai standar dan praktik internasional.

Seperti dilansir Khaleej Times pada Jumat (11/6), UEA menjadi negara pertama di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang melakukan studi efektivitas vaksin untuk kelompok usia 3-17 tahun. Hasil awal studi akan diumumkan setelah tersedia. Dengan vaksinasi terhadap rentang usia tersebut memungkinkan untuk mendukung proses perencanaan kembali ke sekolah dengan aman.

Baca Juga

Negara produsen vaksin lainnya, seperti China, Amerika Serikat, Inggris, dan India, juga telah mulai melakukan uji klinis untuk kelompok ini selama beberapa bulan terakhir.

Penelitian ini bertujuan untuk memantau respon imun terhadap vaksin pada 900 anak dari berbagai negara. Ini akan membantu mempersiapkan pihak berwenang untuk memvaksinasi anak-anak dalam waktu dekat.

 

Setiap anak akan berpartisipasi dengan persetujuan penuh dari orang tua mereka dan diawasi secara ketat, dengan keselamatan mereka menjadi perhatian yang paling tua dan anak-anak akan diberikan penjelasan secara rinci dan dukungan di setiap langkah proses vaksinasi.

"Anak-anak adalah landasan masyarakat dan masa depan negara dimana pun. Karena semakin banyak orang yang divaksinasi di UEA, kami ingin memastikan bahwa anak-anak kami dapat menerima vaksin dengan aman," kata Ketua Komite Manajemen Klinis Nasional Covid-19, Dr Nawal Al Kaabi.

“Inilah sebabnya ketika kami merancang studi uji coba kekebalan Sinopharm, kami fokus untuk memastikan semua perawatan diberikan kepada sukarelawan muda kami sepanjang perjalanan. Kami ingin anak-anak dan orang tua memahami setiap langkah proses dan juga mengetahui bahwa kami akan bersama mereka, mendukung mereka, menjawab setiap pertanyaan yang mungkin mereka miliki, kapan saja," tambahnya.

Studi ini dilakukan ketika mutasi virus Covid-19 secara global telah menyebabkan peningkatan jumlah kasus positif, termasuk di antara anak-anak, dan tingkat keparahan gejalanya. Ini termasuk penularan virus oleh anak-anak, terutama kepada orang-orang yang berisiko.

Memvaksinasi anak-anak akan melindungi mereka dan menjaga kesehatan orang-orang di sekitar mereka, serta mempercepat kekebalan kelompok yang diperlukan untuk mengekang penyebaran virus. Ini sejalan dengan rencana pemulihan jangka panjang UEA, yang didasarkan pada vaksinasi 100 persen dari kelompok yang ditargetkan pada akhir 2021.

"Dengan vaksin yang sekarang tersedia untuk melindungi dari Covid-19, kita semakin dekat untuk mengakhiri pandemi," Ketua Departemen Pediatri di Universitas Uni Emirat Arab, Dr Ahmed Deemas Alsuwaidi

“Penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 sangat efektif dan aman. Selain itu, anak-anak telah menerima vaksin dengan aman untuk berbagai penyakit dan virus selama beberapa generasi. Vaksin Sinopharm memiliki konsep yang mirip dengan semua vaksin ini dan kami berharap dapat melihat hasil penelitian ini dan keefektifannya untuk anak-anak," tambahnya.

Studi ini muncul setelah keberhasilan yang dicapai UEA dalam melakukan uji klinis terhadap beberapa vaksin. Uji coba menghasilkan konfirmasi efektivitas vaksin dalam mengurangi tingkat infeksi dan mengurangi gejala di berbagai negara. Ini kemudian mengarah pada pendaftaran dan lisensi resmi vaksin-vaksin ini, yang telah digunakan untuk menyuntik warga dan penduduk di negara tersebut. Pada Mei 2021, UEA adalah yang pertama di dunia dalam hal tingkat vaksinasi Covid-19, dengan 137 dosis per 100 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement