Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Riz Ahmed Ingin Ubah Representasi Muslim dalam Film

Jumat 11 Jun 2021 06:42 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Riz Ahmed Ingin Ubah Representasi Muslim dalam Film. Aktor Muslim Riz Ahmed dalam film Sound of Metal.

Riz Ahmed Ingin Ubah Representasi Muslim dalam Film. Aktor Muslim Riz Ahmed dalam film Sound of Metal.

Foto: Amozon Studio
Ahmed menggagas beasiswa untuk seniman muda Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aktor Inggris Riz Ahmed meluncurkan upaya mengubah representasi Muslim dalam film, Kamis (10/6). Upaya ini ia lakukan setelah sebuah penelitian menunjukkan Muslim hampir tidak terlihat dan ditampilkan secara negatif. Ahmed yang merupakan aktor film Sound of Metal mengatakan rencana program ini akan mencakup pendanaan dan pendampingan di tahap awal karier.

“Representasi Muslim dalam film adalah negatif seperti orang-orang yang terbunuh dan negara-negara yang diserang,” kata Ahmed dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Ahmed menegaskan data dalam studi tersebut aktual. “Studi ini menunjukkan kepada kita skala masalah dalam film populer dan biayanya diukur dalam potensi dan nyawa yang hilang,” ujar dia.

Studi yang berjudul Missing and Maligned oleh Annenberg Inclusion Initiative menemukan kurang dari 10 persen film terlaris yang dirilis dari 2017-2019 dari AS, Inggris, Australia, dan Selandia Baru menampilkan setidaknya satu karakter Muslim. Saat tampil, karakter Muslim ditunjukkan sebagai orang luar atau orang yang mengancam. Sekitar sepertiga, mereka adalah pelaku kekerasan dan lebih dari setengahnya menjadi sasaran kekerasan.

“Muslim tinggal di seluruh dunia tapi penonton film hanya melihat dari sudut pandang yang sempit. Padahal Muslim lain yang kita tahu adalah pebisnis, teman, tetangga yang kehadirannya merupakan bagian dari kehidupan modern,” kata salah seorang penulis studi al-Baab Khan, dilansir Al Arabiya, Jumat (11/6).

Ahmed mengatakan sumbangan pendanaan bisa mengubah situasi yang akan mendapatkan lebih banyak aktor, penulis, dan produser Muslim dalam industri film dan TV. “Jika saya tidak menerima beasiswa dan sumbangan pribadi, saya tidak akan bisa menghadiri sekolah drama,” ucap dia.

Beasiswa 25 ribu dolar Amerika untuk seniman muda Muslim akan diputuskan oleh komite penasihat yang mencakup aktor Mahershala Ali dan Ramy Youssef dan komedian Hasan Minhaj. 

https://english.alarabiya.net/News/world/2021/06/11/Actor-Riz-Ahmed-leads-bid-to-change-way-Muslims-seen-in-movies-

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA