Jumat 11 Jun 2021 06:12 WIB

Pandangan Pengamat dan Milenial Soal Kans Duet Prabowo-Puan

Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Ketua DPR Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duet Prabowo Subianto-Puan Maharani dinilai paling mungkin diwujudkan jika Partai Gerindra berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pilpres 2024. Hal itu disampaikan oleh Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara.

"Prabowo-Puan. Pasangan ini paling mungkin diwujudkan dan dinilai cocok karena faktor usia (tua-muda), jenis kelamin (pria-wanita), serta latar belakang militer-sipil," kata Igor, Kamis (10/6).

Namun, menurut dia, dari duet tersebut belum bisa diprediksi mengenai siapa yang menjadi capres ataupun cawapres. Itu karena masing-masing punya kelebihan tersendiri untuk ditempatkan sebagai capres.

"Salah satu kendala dari pasangan ini adalah pandangan bahwa PDIP sebagai parpol pemenang pemilu dengan 128 kursi di parlemen apa mau memosisikan kandidatnya di posisi RI-2? Jawabannya tentu bisa, mengingat elektabilitas Prabowo yang jauh lebih tinggi, begitu juga dengan pengalamannya," ujar dia.

 

Dia melanjutkan, bisa saja nanti dilakukan redefinisi ulang Perjanjian Batu Tulis. Dia menjelaskan, jika Batu Tulis 2009 (jilid I) ada klausul bahwa Prabowo sebagai cawapres Megawati akan didukung oleh PDIP maju sebagai capres 2014. Namun, hal itu akhirnya batal karena akhirnya PDIP mencalonkan Joko Widodo (Jokowi).

"Maka kebalikannya, Batu Tulis 2024 (jilid II) juga bisa dibuat klausul bahwa jika Puan Maharani menjadi cawapres Prabowo pada 2024, Gerindra gantian mendukung pencalonan Puan Maharani sebagai capres pada 2029 berikutnya," tuturnya.

Keyakinan ini juga disampaikan kalangan milenial. Sekretaris Jenderal Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Arip Nurahman, mengatakan, jika nantinya Prabowo jadi capres, Puan adalah pasangan duet yang ideal karena memiliki berbagai pengalaman di tingkat nasional.

“Jika Pak Prabowo disiapkan jadi capres, Mbak Puan adalah pasangan yang pas  mendampingi sebagai cawapresnya, usia Mbak Puan relatif muda, namun sarat dengan pengalaman,“ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement