Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Bangun Rumah Tahfiz di Bogor, Askrindo-Baznas Bersinergi

Kamis 10 Jun 2021 23:42 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ilustrasi Santri calon Hafidz.

Ilustrasi Santri calon Hafidz.

Foto: Thoudy Badai_Republika
Program ini berorientasi pada hafalan Qur’an 30 juz dan 200 hadis.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) kembali bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun Rumah Belajar Al-Quran atau Rumah Tahfidz Askrindo-Baznas di wilayah Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat. Direktur Kepatuhan, SDM & Manajemen Risiko Askrindo, Kun Wahyu Wardhana mengatakan bahwa program kerjasama ini bertujuan untuk membebaskan masyarakat dari buta huruf Al-Quran. 

“Peletakan batu pertama ini merupakan keseriusan Askrindo dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL). Fokus ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) poin nomor empat yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Kami juga mengharapkan Rumah Tahfidz ini dapat melahirkan generasi muda yang islami dan berAkhlak," papar Kun pada Kamis (10/6). 

photo
Simbolisasi pembangunan Rumah Tahfiz Bogor. - (Dok. Bumn)
Selain membebaskan masyarakat dari buta huruf Al-Quran, Rumah Tahfidz ini juga bertujuan sebagai tempat belajar, sarana pendidikan dan pengembangan keilmuan (pengetahuan), khususnya bagi masyarakat agar dapat melestarikan ajaran Al-Qur’an.

Ketua Baznas Profesor Dr. KH. Noor Achmad mengatakan, melalui kerjasama donasi dengan Askrindo, pembangunan Rumah Tahfiz menjadi salah satu bentuk upaya membantu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan non Formal guna mencetak generasi Qur'ani. 

"Karena melalui Al-Qur'an, kita berusaha menjadikan umat sebagai umat yang terbaik, dapat menjadi teladan bagi manusia hingga terwujudnya masyarakat yang madani," jelas Prof Noor. Kami berharap pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan berkah. Semoga Allah memudahkan proses pembangunan Rumah Tahfiz Askrindo-Baznas ini," kata Noor Achmad.

Program ini berorientasi pada hafalan Qur’an 30 juz dan 200 hadis pilihan serta pembentukan life skill yang dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin/imam dalam membangun masyarakat di masa depan. Askrindo dan Baznas telah bekerjasama sejak tahun 2019, adapun kerjasama tersebut meliputi berbagai bidang yakni Bidang Ekonomi, Sosial, Keagamaan hingga Pendidikan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA