Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Ada Penjual Kemasan BTS Meal, Shopee: Sudah Kami Turunkan

Kamis 10 Jun 2021 22:17 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Menu baru kolaborasi BTS dan McDonald’s, The BTS Meals

Menu baru kolaborasi BTS dan McDonald’s, The BTS Meals

Foto: McDonald’s Indonesia
Shopee turunkan produk yang jual kemasan BTS Meal karena tidak jelas kebersihannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu program promosi kolaborasi dari gerai cepat saji McDonald's saat ini yang tengah digandrungi adalah BTS Meal. Program ini tak hanya menimbulkan keramaian di gerai-gerai McD, bahkan di platform belanja niaga elektronik seperti Shopee pun mulai ramai penjual yang menjual paket BTS Meal. 

BTS Meal sendiri merupakan paket makanan yang terdiri atas ayam nugget, kentang goreng, soda, saus cajon, dan saus cabe manis. Semua makanan itu dibungkus dengan kemasan berwarna ungu yang diberi ornamen lambang grup asal Korea Selatan, BTS. 

Baca Juga

Namun, oleh karena kemasannya yang digandrungi oleh para penggemar, sejumlah penjual di platform belanja niaga elektronik Shopee menjualnya kembali di platform itu. Tak main-main, harganya pun dibanderol mulai dua kali lipat hingga berkali-kali lipat. 

Salah satu penjual yang Republika temukan pada hari pertama program itu berlangsung, Rabu (9/6), menjual paket BTS Meal seharga Rp 350 ribu. Foto yang dipajang penjual pun menggambarkan sebuah kantong makanan berornamen lambang BTS. 

Namun, masih tidak jelas, apakah barang yang dijual tersebut merupakan paket BTS Meal yang berisi makanan yang masih utuh atau tidak. Para pembeli pun tampaknya harus menanyakan lebih jauh mengenai jaminan kebersihan jika memang kemasan telah dipakai sebelumnya. 

Mendapati hal itu, Shopee tak memungkiri adanya penjual yang demikian. Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo, mengatakan, produk tersebut terindikasi sebagai produk yang tidak terjamin kebersihannya. 

"Produk tersebut terindikasi sebagai kemasan bekas makanan dan tidak terjamin kebersihannya, sehingga telah kami turunkan," tulis Radityo dalam keterangan pers yang diterima Republika, Kamis (10/6). 

Sebagai marketplace, tulis dia, Shopee mewajibkan para penjual di platform untuk menaati ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan tegas, dia menyebut pihak Shopee menindak produk yang melanggar.

"Pembeli tetap dapat menemukan produk BTS lainnya di platform kami. Kami berkomitmen untuk memastikan ekosistem marketplace yang aman dan nyaman bagi para pengguna," tulis Radityo.

Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, langkah yang tepat untuk membeli sebuah barang adalah membelinya langsung di counter resmi. Sebab, kita tidak bisa mengetahui dengan pasti mengenai kebersihan kemasan paket BTS Meal yang dijual di platform belanja daring.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA