Kamis 10 Jun 2021 20:30 WIB

2 Penghargaan Internasional untuk Guru SMA 3 Padang Panjang

Penganugerahan awards ini diberikan untuk 100 pemenang penghargaan dari 20 negara.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Guru SMA 3 Padang Panjang Fitra Murni Raih Dua Penghargaan Internasional.
Foto: Istimewa
Guru SMA 3 Padang Panjang Fitra Murni Raih Dua Penghargaan Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG -- Guru SMA 3 Padang Panjang, Fitra Murni, meraih dua penghargaan internasional. Dua penghargaan yang diraih Fitra adalah Outstanding English Teacher of the Year dan Outstanding Teacher for Innovation in Teaching pada ajang Global Education Summit and Awards 2021, India.

Penganugerahan awards ini diberikan untuk 100 pemenang penghargaan dari 20 negara dengan kategori berbeda. Acaranya diadakan secara virtual melalui zoom meeting pada Ahad (6/6) lalu.

Miss Fit, begitu sapaan akrab Fitra mengaku, terharu saat namanya dan SMAN 3 Padang Panjang dibacakan MC. “Seperti bermimpi dan rasa syukur kepada Sang Khalik atas nikmat yang telah diberikan. Maklumlah, saya cuma seorang guru biasa,” kata Fitra.

Fitra mengatakan, dua penghargaan ini diperoleh melalui seleksi dari Tim Juri Global Education Leaders Summit and Awards berdasarkan prestasi yang diperolehnya di bidang pendidikan baik dari tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional. Di antaranya juara I guru berprestasi tingkat kota Padang Panjang (2011, 2014, 2017), penghargaan salah seorang penulis terbaik Kota Padang Panjang dari wali kota (2019), Prestiged Teacher dari FKP Palanta (2020),  juara III guru berprestasi tingkat SMA se-Provinsi Sumatera Barat (2014, 2017), guru teladan mendampingi siswa berprestasi Sumatera Barat dari Kementerian BUMN (2016), Satya Lencana dari Presiden RI (2015), guru Australia-Indonesia Bridge School Partnership Program, Asia Education Foundation (2018), pertukaran guru Indonesia-Korea, APCIEU, UNESCO (2019), Outstanding Senior Secondary Teacher Award dari International Education Summit Awards, Bangkok, Thailand (2020), dan Distinguished Higher Secondary Teacher Awards, Nepal, India (2020), Global SDG’s Ambassador Award, IYS Malaysia (2020), Global SDG’s Woman Ambassador, IYS Malaysia (2021), Outstanding Teacher for Contribution in the Field of Education, World Education Leaders Summit and Awards, India, dan Apresiasi 5 guru terbaik 2021 dari PLN Wilayah I Sumbar.

Selain itu, dia menjadi narasumber di tingkat kota, provinsi dan pembicara di konferensi internasional. Fitra bahkan sudah menulis buku Bahasa Inggris dan buku terkait di bidang pendidikan. Di antaranya ‘Teaching Aids’, ‘Cerahkan Dunia Pendidikan’, ‘The List of English Adjectives’, ‘Bridge Antarkan Segudang Prestasi’, dan ‘Wujudkan Pendidikan yang Bermartabat’.

Fit juga sering membuat karya tulis berupa artikel populer di media cetak Koran di Sumatra Barat. Selain itu, dia pernah melakukan beberapa kali penelitian di bidang Bahasa Inggris  yang sudah masuk jurnal dan proceeding internasional.

Tak hanya itu, Fitra juga pernah ikut kegiatan Teacher Coordinator/Teacher in Charge pada kegiatan internasional. Di antaranya, Asia- Australia Bridge School Partnership Project yang disponsori Asia Education Foundation. 

“Berdasarkan prestasi dan inovasi yang dilakukan, maka pada bulan Mei, tim juri Global Education Summit and Awards 2021 menyatakan saya berhasil menjadi pemenang untuk dua kategori Outstanding English Teacher of the Year dan Outstanding Teacher for Innovation in Teaching,” ucap Fitra.

Fitra menilai, penghargaan yang dia dapatkan juga penghargaan buat keluarga besar, civitas SMAN 3, Pemko, Kacabdin Wilayah I Bukittinggi, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Kemendikbud Republik Indonesia.

“Khususnya dipersembahkan bagi pendidikan di Kota Padang Panjang, kota tempat saya mengabdi ini. Tanpa dukungan dan doa yang diberikan kepada saya, tidak mungkin penghargaan ini bisa saya raih,” kata dia menambahkan.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement