Kamis 10 Jun 2021 17:58 WIB

Pfizer Siap Uji Vaksin Covid-19 pada Anak di Bawah 12 Tahun

Jumlah anak yang terlibat dalam uji klinis mencapai 4.500 orang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech kini sudah diberikan untuk anak berusia minimal 12 tahun di beberapa negara.
Foto: EPA-EFE/IGOR KUPLJENIK
Vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech kini sudah diberikan untuk anak berusia minimal 12 tahun di beberapa negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech kini sudah diberikan untuk anak berusia minimal 12 tahun di beberapa negara. Pfizer Inc kini memulai pengetesan vaksin untuk anak berusia lebih muda.

Dilansir dari businesstoday, Kamis (10/6), Pfizer akan memulai pengetesan vaksin Covid-19 pada anak berusia di bawah 12 tahun dengan cakupan yang lebih luas. Kali ini, jumlah anak yang terlibat dalam uji klinis mencapai 4.500 orang.

Baca Juga

Ada lebih dari 90 situs klinis yang digandeng dalam studi ini. Situs-situs klinis ini berlokasi di Amerika Serikat, Finlandia, Polandia, dan Spanyol.

Sebelumnya, Pfizer telah melakukan pengujian fase I yang melibatkan 144 anak. Pada fase I ini, Pfizer memberikan total dua dosis vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech kepada para partisipan anak dengan besaran dosis yang lebih kecil dibandingkan dosis untuk orang dewasa.

Berdasarkan keamanan, tolerabilitas, dan respons imun pada uji klinis fase I, Pfizer mengungkapkan bahwa mereka akan memberikan satu dosis vaksin berukuran 10 mikrogram pada anak berusia 5-11 tahun pada uji klinis kali ini. Selain itu, mereka juga akan memberikan satu dosis vaksin berukuran 3 mikrogram untuk anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun.

Juru Bicara Pfizer mengatakan mereka memperkirakan data dari partisipan anak berusia 5-10 tahun akan didapatkan pada September 2021. Di bulan yang sama, Pfizer berencana untuk meminta izin penggunaan darurat vaksin bagi anak di kelompok usia tersebut kepada regulator.

Data dari partisipan anak berusia 6 bulan hingga 2 tahun diprediksi akan didapatkan tak lama setelahnya. Pfizer memperkirakan data ini bisa didapatkan pada Oktober atau November 2021.

Sejauh ini, vaksin Covid-19 hasil kolaborasi Pfizer dan BioNTech telah diberikan untuk anak berusia minimal 12 tahun di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Mereka menerima dosis yang sama seperti orang dewasa yaitu 30 mikrogram per dosis.

Sudah ada hampir 7 juta remaja yang menerima setidaknya satu dosis vaksin Pfizer/BioNTech di Amerika Serikat menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Upaya vaksinasi Covid-19 pada kelompok remaja dan anak kecil dinilai sebagai langkah penting untuk mencapai kekebalan kelompok dan meredakan pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement