Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Menjadi Tetangga yang Baik dalam Islam

Jumat 11 Jun 2021 05:05 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Bertetangga

Ilustrasi Bertetangga

Foto: Pixabay
Rasulullah memberikan banyak contoh cara bersikap yang baik pada tetangga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hidup bertetangga tentunya harus saling menjaga keharmonisan. Allah memerintahkan bagaimana seorang hamba harus berbuat baik kepada tetangga dalam firmannya surat An-Nisa’ ayat 36:

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Rasulullah bersabda, “Malaikat Jibril menasihati saya untuk memperlakukan tetangga dengan baik sehingga saya mengira tetangga juga akan mendapatkan harta waris,” (HR Bukhari).

Dari ayat Alquran dan hadits Rasulullah, itu semua menggambarkan perintah untuk berbuat baik pada tetangga harus dilakukan. Nabi Muhammad saw yang dijuluki seorang “Yang Dapat Dipercaya” dan “Yang Jujur,” memberikan banyak contoh cara bersikap yang baik pada tetangga. Berikut hal-hal yang bisa dicontoh dari sikap Nabi seperti dilansir About Islam, Kamis (10/6):

1. Tersenyum
Abdullah bin Harits bersaksi dia tidak pernah menemukan orang yang tersenyum sebanyak Nabi Muhammad saw. Nabi, menganggap tersenyum kepada sesama manusia sebagai tindakan amal.

2. Memberi dan menerima hadiah dengan ramah
Nabi Muhammad menganjurkan pemberian hadiah sebagai ungkapan kasih sayang dan menghilangkan permusuhan serta kebencian. Ketika Aisha bertanya kepada siapa dia harus memberikan hadiahnya, Nabi mengatakan tetangga yang paling dekat dengannya.

3. Bagikan Makanan
Saat sedang menyiapkan makanan, pertimbangkan tetangga sejak awal. Buat esktra makanan dan bagikan ke tetangga. Nabi pernah memerintah Adu Dzar, “Saat Anda menyiapkan kaldu, tambahkan air ke dalamnya dan berikan kepada tetangga Anda,” (HR Muslim).

4. Bicaralah dengan baik
Salah satu hadits Nabi memerintahkan kita agar berbicara baik atau diam. Nabi bersabda “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah berbicara yang baik atau diam,” (Bukhari dan Muslim).

5. Jadilah orang yang ramah dan murah hati
Selain berbicara baik, Rasulullah juga memerintahkan umatnya untuk bersikap ramah kepada tetangga. Nabi Muhammada bersabda, “Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah bersikap ramah kepada tetangganya,” (Bukhari dan Muslim).

6. Menjadi orang yang rapi dan bersih
Baik Alquran dan hadits menasihati manusia untuk menjaga diri menjadi rapi dan bersih. Demikian juga, rumah harus tetap rapi. Rumah Muslim seharusnya tidak merusak pemandangan di masyarakat. Jaga agar rumput di perkarangan rumah tetap terpotong dan pelihara rumah dengan baik.

7. Jadi orang yang terpercaya
Tetangga harus merasa aman keberadaan kita dan mereka harus tahu kita saling menghormati satu sama lain. Allah berfirman dalam surat Al-Mu’minun ayat 8-11:

وَالَّذِيْنَ هُمْ لِاَمٰنٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُوْنَ ۙ

وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَوٰتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ ۘ

اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْوَارِثُوْنَ ۙ

الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

“Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya, serta orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”

8. Selalu menjaga komunikasi dengan tetangga
Periksa kondisi tetangga Anda, terutama mereka yang rentan atau kesepian. Sebagai tetangga, kita dituntut untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Nabi Muhammad bersabda, “Bukanlah seorang mukmin yang mengisi perutnya sementara tetangganya lapar,” (Dikonfirmasi oleh Al-Albani).

9. Jadilah tetangga yang perhatian
Menjadi tetangga yang baik, Anda perlu terus memperhatikan momen-momen yang akan mengganggu tetangga. Misalnya, pesta meriah atau anak-anak bermain di luar rumah dengan suara berisik yang akan mengganggu tetangga Anda. Segala sesuatu yang dapat mengganggu tetangga Anda harus dihindari.

Rasulullah bersabda, “Dia tidak akan masuk surga yang tetangganya tidak aman dari perbuatannya yang zalim,” (HR Muslim).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA