Kamis 10 Jun 2021 13:55 WIB

Mendeteksi Kehamilan Lewat Kondisi Gigi, Memangnya Bisa?

Gingivitis kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pengguna TikTok yang mengaku sebagai mahasiswa kedokteran gigi mengungkapkan dokter gigi bisa mendekteksi kehamilan dari pemeriksaan gigi pasiennya.
Foto: Tangkapan layar
Pengguna TikTok yang mengaku sebagai mahasiswa kedokteran gigi mengungkapkan dokter gigi bisa mendekteksi kehamilan dari pemeriksaan gigi pasiennya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah video dari kreator konten di TikTok mengungkapkan bahwa kehamilan juga dapat dideteksi dari kondisi gigi. Video yang viral dari unggahan pengguna TikTok @thatdentalgal_ itu menyebutkan, deteksi kehamilan bisa dilihat dari mulut pasien.

Sukhmani, yang diketahui sebagai mahasiswa kedokteran gigi tahun keempat dari profil TikTok-nya itu telah mengumpulkan lebih dari 75 ribu suka di "Bagian 3" dari serial videonya.

Baca Juga

“Video menjelaskan bahwa ada beberapa indikator di mulut pasien yang dapat menunjukan tanda kehamilan, termasuk mual dan "gingivitis kehamilan". Itu dapat terlihat pada hingga 30-50 persen wanita hamil,” kata Sukhmani, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (10/6).

@thatdentalgal_

Did you know this? #pregnancy #gingivitis #pregnancysymptoms

♬ original sound - thatdentalgal

Pengguna TikTok dengan hampir 14 ribu pengikut itu berbagi informasi tentang apa saja yang bisa diketahui dokter gigi dari melihat rongga mulut pasiennya. Gangguan makan, infeksi sinus, dan apakah seseorang adalah perokok atau bukan bisa terungkap saat pemeriksaan gigi.

Video itu memicu reaksi pengguna lain. Sebagian merasa tidak perlu tes kehamilan, melainkan cukup melihat kondisi gigi mereka.

"Saya memeriksa apakah saya hamil tanpa harus melakukan tes kehamilan," jawab salah satu pengguna.

"Ya ampun, saat hamil, beberapa gigi saya ada yang longgar, saya takut, saya tidak bercanda," kata yang lain.

Pengguna lainnya mengungkapkan bahwa ibunya pernah ditanya dokter gigi tentang usia kehamilannya. Padahal, sang ibu kala itu belum tahu dirinya tengah hamil.

Gingivitis kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal yang meningkatkan aliran darah ke jaringan gusi. Gejalanya mungkin termasuk gusi yang meradang dan berkurang kekenyalannya hingga lebih rentan terhadap pendarahan.

Menurut American Pregnancy Association, gingivitis kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal yang meningkatkan aliran darah ke jaringan gusi. Akibatnya, gusi menjadi lebih sensitif, mudah bermasalah, dan bengkak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement