Kamis 10 Jun 2021 09:00 WIB
'Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional'

Sandi: Desa Wisata Denai Lama Berkembang dengan Keunikannya

Oleh-oleh setiap transaksi jual beli di desa ini masih menggunakan uang koin kayu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di Desa wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumut dalam rangka sosialisasi
Foto: Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di Desa wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumut dalam rangka sosialisasi

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG --  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus menggaungkan program pengembangan kepawisataan di Tanah Air. Salah satunya adalah 'Anugerah Desa Wisata 2021'.

Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”, Kemenparekraf berharap rogram ini mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”. Rangkaian Sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan dimulai pada tanggal 22 Mei 2021 sampai dengan tanggal 25 Juni 2021.

Pada program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 kali ini, Kemenparekraf menyelenggarakan acara “Sosialisi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” di Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. Desa Wisata Denai Lama ini dipilih dalam kegiatan sosialisasi karena terkenal dengan Literasi adat budayanya. 

photo
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di Desa wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumut dalam rangka sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, - (Istimewa)

 

Seperti budaya Jawa, Melayu, dan Batak yang juga menghasilkan kerajinan yang beragam, maka seperti kain tenun khas juga ada di Desa Denai Lama. Termasuk juga kain batik jumputan, dan kerajinan dari batok kelapa.

Desa Wisata Denai Lama juga berkembang dalam pemanfaatan potensi desa. Seperti dibangunnya Sanggar lingkaran yang memiliki kafe baca. Yaitu kafe yang juga berfungsi sebagai taman bacaan yang salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter Sumber Daya Masyarakatnya, dan dikelola oleh remaja desa Denai Lama. 

Selain itu, Denai lama berhasil berkembang dibidang agrowisata yang salah satunya agrowisata Paloh Naga sebagai pusat produksi jajanan dan oleh-oleh khas dari Desa Denai Lama. Buah tangan ini mempunyai ciri khas dalam setiap transaksi jual belinya masih menggunakan cara barter (menukarkan uang dalam bentuk koin kayu). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Wisata Pasar Paloh Naga memang unik. Kata dia, meskipun nilai transaksi menggunakan Kepeng--masih belum signifikan dalam industri pariwisata--,namun ada semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan. 

"Pasar wisata Paloh Naga tumbuh dan berkembang. Ini merupakan prestasi tersendiri bagi kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,"  ujar Sandi panggilan akrab Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/6).

"Menghargai semangat desa untuk membangun desa wisata dengan agrowisata yang unik, merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional," ungkap Sandi. 

Apalgi, visi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di bawah kepemimpinan Sandiaga Salahuddin Uno dengan program nyata Anugerah Desa Wisata 2021 menjadi stimulan kebangkitan industri wisata nasional yang terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. Sosok pemimpin alternatif seperti inilah yang dibutuhkan Indonesia saat ini di tengah krisis yang dialami Indonesia

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, telah berjalan dibeberapa daerah diantaranya Desa pujon Malang, Desa Mas Ubud, Desa Tugu Selatan Cisarua, Desa Cibuntu Kuningan, Desa Candirejo Magelang dan Desa Pentingsari Sleman.

Sebuah acara yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream, diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang maupun berkelanjutan di daerah regional dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan.

Kini, Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang telah dipilih dalam kegiatan sosialisasi Anugerah Desa Wisata 2021. Acara promosi ini dilakukan langsung Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Arif Muhammad (Mak Beti) selaku public figure yang terkenal dengan impersonetnya sebagai sosok Ibu-ibu Batak yang selalu memakai daster dan tudung kepala dalam setiap penampilannya, serta Vito Sinaga seorang youtuber yang akrab disapa dengan Ucok putra daerah asli Sumatera Utara. 

Diharapkan target tahun 2021 dengan adanya “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement