Kamis 10 Jun 2021 06:25 WIB

Nadal Tembus Semifinal French Open untuk Ke-14 Kali

Nadal mengalahkan petenis Argentina Diego Schwartzman di perempat final.

Rafael Nadal dari Spanyol beraksi melawan Diego Schwartzman dari Argentina selama pertandingan perempat final turnamen tenis Prancis Terbuka di Roland Garros di Paris, Prancis, 9 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BLUMBERG
Rafael Nadal dari Spanyol beraksi melawan Diego Schwartzman dari Argentina selama pertandingan perempat final turnamen tenis Prancis Terbuka di Roland Garros di Paris, Prancis, 9 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis berjuluk Raja Tanah Liat, Rafael Nadal, melenggang ke babak semifinal Grand Slam lapangan tanah liat favoritnya di French Open untuk ke-14 kalinya setelah memetik kemenangan dalam babak delapan besar, Kamis (10/6) WIB. Unggulan ketiga asal Spanyol itu mengatasi petenis Argentina Diego Schwartzman 6-3, 4-6, 6-4, dan 6-0 di lapangan Philippe-Chatrier, demikian laporan ATP di laman resminya.

"Kekalahan satu set adalah hal yang saya terima selama karier tenis ini. Hal yang penting adalah bagaimana bisa pulih dari satu set yang hilang," kata Nadal yang tengah mengejar gelar Grand Slam ke-21 di Paris.

Baca Juga

Nadal telah mengalahkan Schwartzman dua kali sebelumnya di Roland Garros. Namun, pada pertemuan malam ini, Nadal merasakan perlawanan yang berbeda dari petenis unggulan ke-10 itu.

Schwartzman mampu mendominasi reli panjang dan mampu membongkar celah pertahanan Nadal untuk mengimbangi kedudukan dari set kedua. Dominic Thiem menjadi petenis terakhir yang mengalahkan Nadal di final 2019, tetapi Schwartzman mengakhiri rekor kemenangan 13 kali dari 36 set berturut-turut di Roland Garros.

Memasuki set ketiga, Nadal bangkit meninggalkan strategi bertahannya dan memacu performa untuk bermain agresif hingga kembali unggul pada set ini. Pada set keempat, Schwartzman mengalami penurunan kecepatan dan kelelahan. Pada set ini, ia membuat kesalahan sendiri di tengah ketidakmampuannya menahan serangan Nadal.

"Pada akhirnya itu sangat sulit. Saya memiliki peluang hari ini, mungkin di set ketiga. Tapi, itu nyaris. Saya bermain sedikit lebih baik darinya. Pada akhirnya, dia adalah Rafa dan dia selalu menemukan jalan (untuk menang)," kata Schwartzman menuturkan.

Dalam babak empat besar, Nadal akan bertemu dengan unggulan teratas Novak Djokovic. Petenis Serbia itu mengalahkan unggulan ke-9 Matteo Berrettini dengan skor 6-3, 6-2, 6-7 (5/7), dan 7-5 di lapangan Philippe-Chatrier.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement