Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Kopi Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut

Kamis 10 Jun 2021 06:10 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Kopi kerap diolah menjadi bahan perawatan rambut.

Kopi kerap diolah menjadi bahan perawatan rambut.

Foto: www.freepik.com
Kopi kerap diolah menjadi bahan perawatan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain air putih, kopi menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Studi terbaru menyatakan bahwa kopi bermanfaat untuk kesehatan hati hingga jantung.

Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dari kopi juga membuatnya kerap diolah menjadi bahan perawatan rambut. Dokter spesialis kulit bersertifikat Lisa Pfingstler mengatakan, obat topikal yang mengandung kafein membantu seseorang memiliki pertumbuhan rambut yang lebih signifikan.

Baca Juga

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein mampu melewati penghalang kulit dengan sangat cepat dan mudah, yang membuatnya ideal untuk penggunaan topikal. Karena itulah, setelah diaplikasikan, kopi dapat bekerja di rambut hingga 24 jam.

Kopi juga memiliki kandungan yang membantu melawan ketombe, menyuburkan rambut, dan meningkatkan ketebalan rambut ketika kopi digunakan sebagai bahan baku masker rambut.

“Dalam beberapa penelitian di mana kopi dioleskan ke rambut dan kulit kepala, hasilnya cukup mengejutkan, karena kopi bisa mengurangi kerontokan, mempertebal dan menguatkan rambut peserta,” kata Pfingstler seperti dilansir dari Eat This, Rabu (9/6).

Lalu bagaimana cara membuat masker rambut dari kopi? Ada dua formula untuk membuat masker rambut dengan kopi. Pertama, campurkan tiga sendok makan bubuk kopi ditambah satu sendok makan minyak almond dan gel lidah buaya. Kedua, coba campurkan tiga sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan yogurt tanpa pemanis.

Setelah itu, masker bisa diaplikasikan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Disarankan untuk membiarkan masker selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA