Rabu 09 Jun 2021 21:39 WIB

5 Kebiasaan Ini Bikin Cepat Tua

Banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi yang bikin cepat tua.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi yang bikin cepat tua.
Foto: pixabay
Banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi yang bikin cepat tua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut studi terbaru, batas untuk berapa lama manusia dapat hidup terletak antara 120 dan 150 tahun. Namun, para ahli menyebutkan bahwa banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi, yang dapat menyebabkan penuaan dini pada penampilan dan berbagai sistem tubuh.  

Berikut adalah lima pola sehari-hari yang membuat Anda lebih cepat menua, dilansir di Eat This, Rabu (9/6).

Baca Juga

 

1. Makan terlalu banyak gula

Makanan manis tidak hanya dapat menambah berat badan, tapi juga dapat membuat wajah Anda menua. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, gula yang dikonsumsi mengikat dan merusak kolagen dan elastin, senyawa yang menjaga kulit kita tetap kuat dan awet muda dan mencegah tubuh memperbaikinya.

Oleh karena itu, hindari minuman manis dan makanan olahan. "Makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini," kata American Academy of Dermatology. 

Temuan dari studi penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan. 

 

2. Kurang tidur

Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda menjalani perawatan yang diperlukan, dan memperbaiki segala sesuatu mulai dari otak hingga kulit Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang melaporkan kualitas tidur yang baik mengalami pemulihan skin barrier 30 persen lebih baik daripada mereka yang kurang tidur, dan mereka memiliki penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah.

Tidur yang cukup tampaknya menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan demensia. Para ahli termasuk National Sleep Foundation merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam setiap malam untuk disebut tidur berkualitas. Jika Anda mengalami kesulitan tidur atau kebanyakan tidur, atau Anda tidak bangun dengan perasaan segar, bicarakan masalah ini dengan dokter Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement