Rabu 09 Jun 2021 21:31 WIB

Tarif Tes Genose Covid-19 di Riau Turun Jadi Rp 30 Ribu

Penurunan tarif Genose ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat.

Tes Genose (ilustrasi).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Tes Genose (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PINANG -- Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), TS Arif Fadillah, menyampaikan pihak Kimia Farma akhirnya menyetujui tarif tes Genose di daerah itu turun dari Rp 40 ribu menjadi Rp 30 ribu.

"Kami baru terima surat resmi dari Kimia Farma hari ini," kata Arif di Tanjung Pinang, Rabu (9/6).

Penurunan tarif Genose ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat yang selama ini menggunakan tes Covid-19 itu sebagai salah satu syarat wajib berpergian dengan transportasi laut antarpulau. "Masyarakat merasa keberatan kalau tarif GnNose sebesar Rp40 ribu," ujar Arif.

Selanjutnya Arif menginstruksikan Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana untuk menindaklanjuti penurunan tarif Genose tersebut ke Kimia Farma setempat. Dia mengatakan, sebelumnya Pemprov Kepri sudah dua kali menyurati Kantor Pusat Kimia Farma di Jakarta agar menurunkan harga GeNose Covid-19 dari Rp 40 ribu menjadi Rp 20 ribu.

"Meski hanya disetujui turun jadi Rp 30 ribu. Kami tetap apresiasi," ujar Arif.

Lebih lanjut Arif menegaskan penerapan Genose di pelabuhan bagi calon penumpang antarpulau masih terus berlanjut sampai situasi Covid-19 mereda. "Sekarang Provinsi Kepri masih zona oranye, kalau sudah kuning, mungkin tidak perlu lagi pakai GeNose Covid-19," kata Arif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement