Rabu 09 Jun 2021 18:44 WIB

Erdogan: Turki akan Terus Lawan Islamofobia

Serangan terbaru di Kanada menunjukkan tingkat yang telah dicapai Islamofobia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara setelah rapat kabinetnya di Ankara, Turki, Senin, 17 Mei 2021.
Foto: Mustafa Kamaci/Turkish Presidency via AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara setelah rapat kabinetnya di Ankara, Turki, Senin, 17 Mei 2021.

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk serangan Islamofobia di Kanada. Ia berjanji akan terus memerangi Islamofobia.

“Serangan terbaru di Kanada menunjukkan tingkat yang telah dicapai Islamofobia. Turki akan terus berjuang melawan Islamofobia dan membela hak-hak kaum tertindas,” kata Erdogan kepada parlemen Partai Pembangunan dan Keadilan (AK).Dilansir Daily Sabah, Rabu (9/6).

Baca Juga

Erdogan mencatat umat Islam di seluruh dunia telah menjadi sasaran utama kebencian. Dia mengatakan akan membahas masalah ini pada pertemuan dengan para pemimpin dunia di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO Senin pekan depan.

Pejabat Turki mengutuk keras serangan terbaru itu dan mendesak penghentian segera demonisasi Muslim. Pembunuhan itu mengirimkan reaksi mengejutkan ke seluruh wilayah Kanada. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengungkapkan kesedihannya di parlemen ketika para politisi memberikan penghormatan kepada para korban.

Meningkatnya tren Islamofobia, rasisme, dan xenofobia telah meresahkan masyarakat Turki yang tinggal di negara-negara Barat, khususnya di Eropa. Para pejabat Turki, termasuk Erdogan telah sering mendesak para pembuat keputusan dan politisi Barat untuk mengambil sikap menentang rasisme dan jenis diskriminasi lainnya yang telah mengancam kehidupan jutaan orang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement