Rabu 09 Jun 2021 16:56 WIB

OS Harmony akan Dorong Pengembangan Mobil Huawei?

OS Harmony bisa menghubungkan mobil ke perangkat pintar lainnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Huawei
Foto: EPA
Huawei

REPUBLIKA.CO.ID, GUANGDONG -- Raksasa teknologi China Huawei telah meluncurkan rencana untuk membantu mengembangkan industri mobil pintar di negara itu. Namun, pendiri Huawei Ren Zhengfei dan eksekutif senior termasuk CEO Xu Zhijun berkali-kali membantah bahwa perusahaan yang dikenal dengan keunggulannya dalam teknologi 5G dan smartphone akan beralih jalur ke sektor otomotif.

Namun, Huawei terus memberikan petunjuk bahwa mereka akan melakukan diversifikasi dari bisnis telekomunikasi yang terkena sanksi Barat dan menuju mobil pintar futuristik. Pada 2 Juni, Huawei merilis versi terbaru dari sistem operasi Harmony.

Baca Juga

CEO Produk Konsumen Huawei Yu Chengdong mengatakan ekosistem yang digerakkan oleh Harmony yang akan menghubungkan mobil ke perangkat pintar lainnya. Analis mengatakan setelah itu sistem operasi baru memberi sinyal bahwa Huawei sedang bersiap untuk menempatkan ambisi mobilnya ke posisi tinggi yang baru.

Dilansir dari Asia Times, Rabu (9/6), The Southern Daily, corong resmi provinsi asal Huawei, Guangdong, mengklaim dalam sebuah laporan pada April bahwa perusahaan tersebut telah memiliki kapasitas untuk membuat mobil setelah menghabiskan bertahun-tahun dalam penelitian dan pengembangan terkait.

Ketika Huawei mendirikan stan panggung besar di Shanghai Auto Expo 2019 dan memamerkan beberapa prototipe mobil konseptual, Xu mengungkapkan dalam wawancara bahwa Huawei sejak 2012 memiliki tim khusus yang bekerja pada mobil self-driving, teknologi baterai, komputasi awan dan internet of things (IoT).

Analis mengatakan kumpulan harta kekayaan intelektual Huawei dapat dimanfaatkan dan disinergikan untuk mencari area pertumbuhan baru dan menata ulang portofolio produknya. Catatan di Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional menunjukkan pada Maret Huawei telah mengajukan lebih dari 350 paten mulai dari radar laser kendaraan, powertrain mobil listrik, pusat data seluler, tampilan head-up augmented reality dalam mobil dan dasbor serta kabin cerdas.

Investasi Huawei di pembuat mobil SERES telah memicu pembicaraan lebih lanjut tentang hal itu membuat entri yang kuat dan tangguh ke pasar mobil yang sudah ramai dan sangat kompetitif. Daftar kliennya yang terus bertambah termasuk Guangzhou Automobile milik negara, Beijing Automobile, First Automobile Works, Changan Auto, BYD dan anak perusahaan China Peugeot Citroen, yang semuanya saat ini membeli perangkat lunak dan solusi ICT dari Huawei atau mungkin meluncurkan sedan baru yang dikembangkan bersama untuk menggunakan Harmony OS.

Namun, pengamat industri otomotif masih disibukkan dengan spekulasi bahwa Huawei akan segera mengumumkan peluncuran mobil bermerek pertamanya. Huawei memulai debutnya sub-merek solusi otomotif cerdas HiCar pada 2020 dengan mitra peluncuran dan kontraktor OEM potensial seperti BYDm Changan, Guangzhou Automobile dan Beijing Automobile.

Presiden Huawei Smart Car Solutions, Wang Jun mengatakan tahun lalu bahwa di masa depan kendaraan dapat ditentukan oleh perangkat lunak dengan fungsi-fungsi baru yang terus diluncurkan. Solusi perusahaan mencakup sistem mengemudi yang sangat otomatis berdasarkan arsitektur mengemudi otonom Level 4 dari simulasi kecerdasan buatan, algoritme pengoptimalan dan banyak sensor dan kamera yang dipasang di seluruh mobil.

Huawei mengatakan HiCar, dikombinasikan dengan kekuatan Harmony, akan memberikan solusi untuk self-driving lengkap di masa depan. Fitur lain yang dapat memikat pengemudi yang paham teknologi termasuk perangkat AR-HUD yang dapat mengubah kaca depan menjadi layar besar definisi tinggi 70 inci, seperti yang terlihat dalam demonstrasi bersama oleh Huawei dan mitranya.

The Southern Daily juga berspekulasi bahwa dengan HiCar, Harmony dan stok solusi teknologi terkait otomotif yang terus bertambah, ambisi utama Huawei mungkin adalah menyaingi Bosch, perusahaan teknik dan teknologi multinasional Jerman yang menguasai sektor otomotif global sebagai pemasok solusi perangkat keras dan perangkat lunak mobilitas Tier 1.

Huawei tidak menanggapi pertanyaan Asia Times tentang apakah membuat dan menjual mobil dan memasok solusi terkait ada di masa depan perusahaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement