Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Film Superhero dengan Rating Terbaik, Selain Avengers

Rabu 09 Jun 2021 12:11 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Film The Dark Knight.

Film The Dark Knight.

Foto: Warner Bros Pictures.
The Dark Knight adalah film superhero pertama yang menangkan Academy Award.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Di luar Marvel Cinematic Universe (MCU) atau DC Extended Universe (DCEU) sebagai raksasa produksi film superhero atau pahlawan super, rupanya ada sejumlah karya yang tidak kalah atraktif dan menarik untuk dinikmati.

Tidak sedikit film pahlawan super yang sebenarnya cukup hebat di kelasnya. Terdapat waralaba yang mungkin memiliki output tidak konsisten atau bahkan ada film yang disebut-sebut memiliki napas yang sama dengan The Godfather dan The Shawshank Redemption. Namun, tetap setiap karya punya ciri khas masing-masing.

Di atas semua itu, ada film animasi yang dinilai lebih tinggi dibandingkan live action serupa lainnya, namun sering kali tidak mendapatkan pujian yang layak didapatkan. Berikut lima film pahlawan super terbaik versi Imdb, dilansir di laman Screen Rant, Rabu (9/6):

1. The Dark Knight (2008), Skor: 9,0

photo
Aktor Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight. - (Reuters)
 

Joker dalam adegan pembuka film The Dark Knight menjadi bukti betapa sempurnanya film itu. Setelah perilisannya, ada perubahan paradigma dalam industri, karena mengubah cara studio memandang produksi proyek pahlawan super selamanya.

Ini adalah film pahlawan super pertama yang pernah memenangkan Academy Award. Penghargaan yang dimenangkan pada 2009 yakni kategori aktor pendukung terbaik (Heath Ledger) dan penyuntingan suara terbaik (Richard King).

Jika ada satu hal yang akan terus dikenang terkait The Dark Knight dalam beberapa dekade ke depan, adalah penampilan tak terlupakan aktor Heath Ledger sebagai Joker. Film ini tidak hanya memiliki skor 9.0 di IMDb, tetapi juga dinilai sebagai film terbesar keempat sepanjang masa.

2. Spider-Man: Into The Spider-Verse (2018), Skor: 8,4 

photo
Spider-Man: Into the Spider-Verse. - (Sony Pictures Animation via AP)
 

Film ini sering diabaikan ketika dikaitkan dengan waralaba film Spider-Man. Sebab, film ini tidak begitu terkenal dan dibayangi dengan film live action-nya. Namun, menurut pengguna IMDb, Spider-Man: Into The Spider-Verse jauh lebih unggul dari semua versi Spider-Man. Tempat kedua ditempati Spider-Man: Homecoming, yang hanya mendapat skor 7,5.

Meskipun trikuel Spider-Man: No Way Home” yang akan datang kemungkinan terhubung ke Spider-Verse, itu diawali film 2018 yang memuaskan. Selain itu, animasi berbayang sel dalam film cocok dengan web-slinging New York yang sempurna.

3. The Dark Knight Rises (2012), Skor: 8,3

photo
Anne Hathaway dalam salah satu adegannya sebagai Catwoman di film The Dark Knight Rises - (aceshowbiz)
 

Untuk menyelesaikan salah satu trilogi terbesar sepanjang masa, penonton tidak bisa menahan ruang lingkup epik The Dark Knight Rises. Meskipun wajahnya sering ditutupi topeng, namun penampilan aktor Tom Hardy sebagai antagonis Bane dianggap luar biasa.

Sutradara Christopher Nolan melakukan pekerjaannya dengan cemerlang dalam film yang membuat penjahat jauh lebih pintar dibandingkan yang digambarkan di film-film sebelumnya. Film ini cukup memecah belah di antara penggemar Batman, yang tidak terwakili dalam skor besar yang dimilikinya di IMDb.

4. Batman Begins (2005), Skor: 8,2

photo
Adegan dalam film Batman Begins. - (Warner Bros)
 

Setelah kekecewaan Batman & Robin, ada jeda Batman yang sangat dibutuhkan. Waktu antara kedua film itu sebenarnya lebih lama dari yang diingat kebanyakan penonton. Penggemar menunggu delapan tahun untuk melihat karakter favorit mereka di layar lebar lagi, setelah kehadiran sosok pahlawan menjadi bagian dari entri yang ambigu.

5. The Incredibles (2004), Skor: 8,0

photo
The Incredibles. - (dok Disney/Pixar)
 

The Incredibles adalah outlier dalam genre film superhero, seolah-olah dipengaruhi oleh pahlawan The Fantastic Four. Namun, film ini lebih merupakan film Pixar dengan moral klasik yang berhubungan dengan keluarga. 'Kemasan' pahlawa super hanya wadah untuk penceritaan dan narasi Pixar yang luar biasa.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA