Rabu 09 Jun 2021 09:22 WIB

Liga Inggris Mungkin Denda 6 Klub yang Ikut Liga Super Eropa

Enam klub Inggris menarik diri sehari setelah ESL diumumkan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
European Super League.
Foto: wikipedia.
European Super League.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris dan klub enam besar dilaporkan hampir mencapai kata sepakat untuk sanksi, karena telah menimbulkan polemik akibat bergabung ke Liga Super Eropa (ESL). Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea dan Tottenham Hotspur, menarik diri dari rencana menggulirkan kompetisi kontroversial tersebut, sehari setelah diumumkan.

Enam klub tersebut bergabung dengan Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan dan Juventus untuk memisahkan diri dari Liga Champions, dengan iming-iming hadiah yang jauh lebih besar. Namun keputusan mereka diprotes dari seluruh dunia, karena ESL dianggap jauh dari nilai-nilai sportivitas sepak bola.

Baca Juga

Dikutip dari Mirror, Rabu (9/6), enam klub tersebut akan segera diberi sanksi atas keterlibatan mereka sebagai penggagas Liga Super. Namun sanksi tersebut kemungkinan besar akan mengarah kepada denda dibandingkan pengurangan poin. 

Sebuah laporan menyebutkan, ada perdebatan panas soal besaran denda dan kemana uang tersebut akan diserahkan.

Enam klub itu ingin hukuman dari Liga Primer sama dengan yang diberikan UEFA bulan lalu, yaitu sekitar 1,5 juta poundsterling. 

Uang tersebut akan diserahkan kepada anak-anak yang membutuhkan dan sepak bola di akar rumput di seluruh dunia. Klub juga setuju menyisihkan lima persen pendapatannya mereka dari kompetisi Eropa untuk satu musim, yang berjumlah sekitar 3,5 juta sampai 5,5 juta pounds. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement