Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Khedira: Mourinho Mengubah Karier Saya

Selasa 08 Jun 2021 22:15 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Sami Khediradan Jose Mourinho saat sama-sama masih di Real Madrid.

Sami Khediradan Jose Mourinho saat sama-sama masih di Real Madrid.

Foto: worldfootball.net
Jose Mourinho membawa Sami Khedira ke Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sami Khedira mencoba memutar kembali kenangan mengharukan ketika mimpinya untuk bergabung dengan tim sekelas Real Madrid terwujud. Ia juga mengungkapkan bagaimana perasaannya ketika pelatih Jose Mourinho memintanya merapat ke Stadion Santiago Bernabeu.

Karier pemenang Piala Dunia 2014 bersama timnas Jerman tersebut naik ke level lebih tinggi setelah entrenador Jose Mourinho memutuskan untuk mengontraknya ke Real Madrid. Saat itu Khedira tengah berkostum VfB Stuttgart.

Baca Juga

"Saya ingin jadi pesepak bola level teratas, dan saya berterima kasih kepada semuanya karena saya dapat memenangkan gelar Bundesliga. Akan tetapi, setelah itu Madrid datang, dan mereka mengubah hidup saya, karena saya tak pernah membayangkan bermain di klub sebesar ini," kata Khedira yang baru mengumumkan gantung sepatu, dikutip Marca, Selasa (8/6).

Sebelum bergabung dengan tim junior VfB Stuttgart pada 1995, Khedira bermain untuk TV Oeffingen. Tiga tahun menimba ilmu, pria kelahiran Jerman berdarah Turki akhirnya merapat ke tim junior Stuttgart.

Karier Khedira perlahan mendapat sorotan pelatih tim utama Stuttgart saat itu, Armin Veh. Khedira membuat debut pada 1 Oktober 2006 melawan Herta Berlin. Baru pada 29 Januari 2007 ia menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama tim berjuluk Die Schwaben usai mengantarkan gelar kelima Bundesliga Jerman.

Empat musim berlalu, penampilan Khedira semakin diminati banyak pelatih top Eropa, salah satunya Jose Mourinho. Pria asal Portugal itu bahkan meminta manajemen Madrid agar bisa membawa gelandang tengah ke Santiago Bernabeu.

"Saat itu saya tengah terpukul karena Spanyol baru saja menyingkirkan Jerman di Piala Dunia Afrika 2010. Tapi Agenku mengatakan bahwa Mourinho akan membawa saya ke Madrid," kata Khedira menjelaskan.

Mendengar hal itu, Khedira merasa tubunya lemas dan gugup dengan perhatian tersebut. Awalnya ia mengira agennya sengaja bercanda dengannya. Namun setelah diyakinkan, Khedira baru percaya dan makin gugup. Sebab yang ada di pikirannya soal komunikasi dengan Bahasa Inggris.

Karena tak mau membikin malu, Khedira menyampaikan kepada Mourinho untuk tidak menelepon langsung, tapi menggunakan pesan telepon. Mourinho tergelak dan menyetujuinya.

Lebih lanjut, pesepak bola yang kini berusia 34 tahun menjelaskan ia melakukan perbincangan hangat dengan Mourinho melalui telepon. Mourinho dengan tegas meyakinkan Khedira untuk bergabung dengan Los Blancos.

"Percakapan itu mengubah karier saya. Mourinho adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada saya," kata dia.

Mourinho merapat ke Madrid pada 2010 usai membawa Inter Milan meraih treble winners 2009/2010. Berada di ibu kota Spanyol, ia sukses mempersembahkan satu titel La Liga 2011/2012, satu Copa del Rey 2010/2011, dan Piala Super Spanyol 2012.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA