Barata Indonesia Pasok Komponen Turbin PLTU Jawa 9 dan 10

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Barata Indonesia Pasok Komponen Turbin PLTU Jawa 9 dan 10 (ilustrasi).
Barata Indonesia Pasok Komponen Turbin PLTU Jawa 9 dan 10 (ilustrasi). | Foto: dok. PLN

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- PT Barata Indonesia (Persero) mengantongi kontrak baru pengerjaan komponen turbin untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 9 dan 10 di Cilegon senilai Rp187 miliar. Dalam proyek strategis nasional ini Barata Indonesia akan memasok komponen utama turbin uap berkapasitas total 2x1000MW (megawatt).

Direktur Operasi Barata Indonesia, Bobby Sumardiat Atmosudirjo optimistis, sebagai satu-satunya BUMN yang memiliki kapasitas konstruksi dan manufaktur sekaligus, Barata Indonesia mampu menjalankan proyek tersebut. Apalagi selama ini Barata Indonesia telah mampu mengambil peran di sejumlah proyek strategis dan memasok berbagai komponen kelistrikan, baik dalam maupun luar negeri.

"Kami turut bangga dapat terus mengambil peran dalam proyek strategis nasional dengan memasok komponen utama turbin yang kualitasnya sudah diakui hingga lima benua,” kata Bobby, Selasa (8/6). 

Bobby menyebut, proyek pembangkit listrik ini merupakan pembuktian terhadap komitmen Barata dalam menyediakan solusi terintegrasi bagi industri energi yang berdaya saing. Untuk proyek PLTU Jawa 9 dan 10, Barata Indonesia akan memasok komponen utama turbin uap yaitu 4 unit Low Pressure Outer Casing dan 2x4 modul Condenser.

Tidak hanya itu, Pabrik Komponen Turbin Barata Indonesia yang belokasi di Cilegon juga terlibat dalam Proyek Strategis Nasional Refinery Development Master Project (RDMP) Balikpapan milik Pertamina. Dalam proyek ini, Barata Indonesia memasok 6 pressure vessel dan 5 unit condenser turbin uap.

Bobby mengungkapkan, berdasarkan catatan kinerja Semester I/2021, Barata Indonesia juga telah mengantongi kontrak ekspor ke sejumlah negara untuk pengerjaan pembangkit listrik. Di antaranya SK Hynix Cheongju dan Icheon (Korea Selatan), Zhoushan GT 10-30 (China), BQPS III Unit 20 (Pakistan), Unique Meghnagat (Bangladesh), dan lain-lain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


ESDM tak Terima Lagi Usulan Pembangunan PLTU

PLN Targetkan 52 PLTU Gunakan Biomassa di 2025

Jika Proyek 35 GW Rampung, PLN Setop Pembangunan PLTU

Anak Usaha PLN Sulap Sampah Jadi Bahan Bakar PLTU

PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 Beroperasi Awal 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark