Selasa 08 Jun 2021 17:30 WIB

10 Film Jagal yang Tokoh Utamanya Bertahan Hidup

Film jagal atau slasher adalah subgenre dari film horor.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Adegan dalam film Ready or Not.
Foto: Searchlight Pictures
Adegan dalam film Ready or Not.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film bergenre slasher atau jagal kerap menampilkan tokoh pembunuh psikopat yang memburu dan membunuh korbannya dengan cara-cara brutal. Pada sebagian sinema yang mengusung subgenre dari horor ini, tokoh utamanya dikisahkan tetap selamat.

Mereka lolos dari kejaran pembunuh, tetapi biasanya tidak benar-benar 'utuh'. Deretan karakter di film-film ini bertahan hidup penuh luka, berlumuran darah, anggota tubuh tak lengkap, atau mengalami serangan psikologis, dikutip dari laman CBR, Selasa (8/6):

1. Halloween

photo
Film Halloween. - (Universal Pictures via AP)

 

Pada film Halloween yang dirilis pada 2018, tokoh Laurie menghabiskan beberapa dekade pelatihan untuk menyelesaikan apa yang dia mulai di Haddonfield, 40 tahun sebelumnya. Laurie terlihat baik-baik saja secara fisik, tetapi mengembangkan obsesi tidak sehat agar jauh dari keluarganya.

2. Texas Chainsaw Massacre

photo
Salah satu adegan di film Texas Chainsaw Massacre - (Bryanston Pictures)

 

Sally Hardesty memang tidak terbunuh dan lolos dari Leatherface pada akhir film The Texas Chainsaw Massacre, namun kondisinya amat memicu trauma. Setelah dipukuli, babak belur, dan penuh memar, Sally tertawa histeris tidak terkendali.

3. Friday the 13th Part IV

photo
Salah satu adegan dalam film Friday the 13th Part IV. - (Paramount Pictures)

 

Pada film ini, penjahat Jason akhirnya dibunuh oleh bocah 12 tahun bernama Tommy Jarvis. Meski selamat dari Jason, Tommy pada akhirnya mengalami gangguan mental dan hampir menjadi "Jason" berikutnya. Dia juga terobsesi dengan mantan penyerangnya tersebut.

4. You're Next

photo
Salah satu adegan film Youre Next. - (Lionsgate)

 

Film yang ditayangkan perdana pada 2011 ini menceritakan rangkaian pembunuhan di sebuah keluarga gara-gara warisan. Tak diduga pembunuh, salah satu anggota keluarga membawa kekasih saat insiden terjadi. Perempuan itu yang pada akhirnya bertahan hidup meski berdarah-darah.

5. Child's Play

photo
Adegan dalam film Childs Play. - (United Artists Releasing)

 

Sejak usia enam tahun, tokoh Andy Barclay selalu mendapat teror dari boneka Charles Lee Ray yang hendak membunuhnya. Pengalaman mendekati kematian dengan mainan itu membuat Andy kehilangan masa kecilnya. Dia juga merasa selamanya akan dikejar Chucky.

6. Scream

photo
Salah satu adegan di film Scream 4. - (Dimension Films.)

 

Gangguan stres pascatrauma menjadi tema berulang di beberapa sekuel film Scream. Tokoh Sidney Prescott yang selamat menjadi terlalu paranoid dan sukar memercayai orang lain, bahkan kekasihnya sendiri. Dia kemudian pergi mengasingkan diri supaya merasa aman.  

7. Wrong Turn

photo
Adegan dalam film Wrong Turn. - (Saban Films)

 

Versi terbaru film rilisan 2021 sangat berbeda dengan sinema orisinal yang tayang pada 2003. Film remake-nya berfokus pada sekte pembunuh yang berbahaya di dalam hutan, bukan karakter kanibal. Untungnya, tokoh utama bernama Jen tetap bertahan hidup. 

Jen kehilangan semua temannya dan ditawan pemimpin sekte. Dengan bantuan ayahnya, Jen sempat kabur tapi tertangkap lagi. Pada tayangan kredit film, tampak adegan di mana Jen membunuh semua anggota sekte, lalu kembali ke keluarganya dengan berjalan kaki.

8. The Strangers

photo
Adegan dalam film The Strangers. - (Rogue Pictures)

 

Kristen dan James terjebak bersama di rumah tengah hutan setelah hubungan mereka kandas. Kondisi memburuk dengan hadirnya tiga penjahat yang menyerbu dan menyiksa mereka. Di pagi harinya, James diketahui tewas, tapi ternyata Kristen masih selamat dan bernapas. 

9. The Strangers: Prey At Night

photo
Adegan dalam film The Strangers: Prey At Night. - (Aviron Pictures)

 

Kakak beradik remaja Luke dan Kinsey berhasil membunuh penjahat bertopeng maniak yang menghabisi orang tua mereka, namun keduanya luka berat secara fisik dan emosional. Luke bertahan hidup di ranjang rumah sakit dan Kinsey ketakutan hanya karena ketukan di pintu.

10. Ready Or Not

photo
Adegan dalam film Ready or Not. - (Searchlight Pictures)

 

Hari pernikahan seharusnya jadi momen bahagia bagi Grace, tapi keluarga kaya suaminya ternyata menyimpan rahasia besar. Siapapun yang baru menjadi anggota keluarga, malam harinya harus mengikuti permainan petak umpet mematikan, tapi menjadi 'target' yang diburu.

Alhasil, hingga pagi hari Grace harus berusaha bertahan hidup, sementara anggota lain dalam keluarga (termasuk suami yang baru dinikahi) punya nasib berbeda. Akhir film ditutup adegan impresif, saat Grace terduduk lelah dengan baju pengantin berlumuran darah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement