Selasa 08 Jun 2021 16:52 WIB

Satgas: 17 Daerah Masuk Zona Merah Pekan ini

Satgas mencatat ada 17 daerah yang berstatus zona merah Covid-19 pada pekan ini.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Bayu Hermawan
Warga melintas di Jalan Jenderal Sudriman dengan latar videotron bertuliskan Palembang zona merah COVID-19 di Palembang, Sumatera Selatan
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Warga melintas di Jalan Jenderal Sudriman dengan latar videotron bertuliskan Palembang zona merah COVID-19 di Palembang, Sumatera Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan perkembangan zonasi mingguan per 6 Juni 2021, pada Selasa (8/6). Sebanyak 17 daerah pada pekan ini tercatat masuk dalam zona merah atau daerah risiko tinggi.

Sedangkan di zona oranye atau daerah risiko sedang tercatat terdapat 331 daerah. Di zona kuning atau daerah risiko rendah terdapat 158 daerah dan zona hijau ada 8 daerah.

Baca Juga

Dari laporan Satgas, 17 daerah yang masuk dalam zona merah tersebut yakni Kota Banda Aceh, Kota Medan, Agam, Lima Puluh Kota, Dharmasraya, Solok, Kuantan Singingi, Siak, Tebo, Kota Palembang, Karimun, Kota Batam, Ciamis, Bandung Barat, Tegal, Kudus, dan Kota Bima.

Pada zona risiko tinggi ini, pemerintah pun menerapkan sejumlah kebijakan untuk menekan angka penularan. Seperti pelaksanaan testing yang intensif; penelusuran kontak agresif pada kasus terkonfirmasi, suspek, kontak erat, dan probable; masyarakat diminta agar berada di rumah; dan larangan perjalanan.

Selain itu, kebijakan lainnya yang diimplementasikan yakni tidak diizinkannya pertemuan publik serta penutupan tempat umum; aktivitas bisnis ditutup kecuali sektor esensial; serta penutupan fasilitas pendidikan dan dilakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

Sementara itu, zona hijau atau daerah tak terdampak atau tak ditemukan kasus baru yakni tercatat di Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, Seram Bagian Timur, Pegunungan Arfak, Mamberamo Raya, Yahukimo, dan Dogiyai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement