Selasa 08 Jun 2021 13:33 WIB

Hampden Park, Arena Bersejarah dari Kota Glasgow

Hampden Park menggelar empat pertandingan Euro 2020.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Stadion Hampden Park, salah satu tuan rumah Euro 2020.
Foto: EPA-EFE / IAN STEWART
Stadion Hampden Park, salah satu tuan rumah Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Prestasi tim nasional Skotlandia di level internasional, belum sementereng Inggris atau negara Britania Raya lainnya. Namun jangan pernah ragukan gairah sepak bola penduduk setempat.

Ada dua klub legendaris jadi maskot kota Glasgow. Tim-tim tersebut, yakni Celtic FC dan Rangers. Pertemuan skuat Our Bhoys kontra the Ligth Blues dinamakan Derby Old Firm. Konon katanya, perseteruan antarpendukung mereka melibatkan dua agama berbeda.

Baca Juga

Lepaskan dulu urusan Celtic vs Rangers. Masih ada keunikan lain di jagat lapangan hijau yang bisa diulik dari kota Glasgow. Di daerah tersebut terdapat sebuah stadion megah bernama Hampden Park.

Stadion ini dibuka pada 1903 silam. Pada masa itu, Hampden Park menjadi arena sepak bola terbesar dunia. Kapasitasnya lebih dari 100 ribu penonton.

Sekitar 149.415 penikmat sepak bola, pernah memadati arena tersebut. Itu terjadi pada 1937 silam saat timnas Skotlandia berhadapan dengan Inggris. Namun berjalannya waktu, kapasitas Hampden Park berkurang.

Pada 1977, hanya 81 ribu orang yang diizinkan memasuki stadion tersebut. Barulah pada 1991 renovasi dimulai. Wajah baru Hampden Park terlihat sejak 1999. 

Setelahnya, sejumlah agenda penting berlangsung di sana. Salah satunya final Liga Champions musim 2001/02 mempertemukan Real Madrid vs Bayer Leverkusen. Stadion ini menjadi saksi gol tendangan voli Zinedine Zidane yang menjadi penentu kemenangan El Real. Hasil akhir Los Blancos unggul 2-1 atas Leverkusen.

Lima tahun berselang, Hampden Park kembali dipercaya menjadi tuan rumah final kompetisi antarklub Eropa. Kali ini di ajang Piala UEFA, antara Sevilla vs Espanyol. Sampai 120 menit, skor berkesudahan imbang 2-2. Di sesi adu penalti, wakil Andalusia unggul 3-1.

Kini, sebuah agenda berkelas lainnya, bakal berlangsung di Hampden Park, yaitu ajang Euro 2020. Sebuah turnamen empat tahunan antarnegara Benua Biru. Turnamen yang awalnya direncanakan digelar tahun lalu mengalami penundaan karena dampak dari Covid-19.

Hampden Park salah satu dari 13 venue ajang tersebut. Ada empat pertandingan yang berlangsung di arena yang kini berkapasitas 51.866 kursi itu. Sebagian besar melibatkan timnas Skotlandia di penyisihan Grup D.

Perinciannya, pada 14 Juni 2021, Skotlandia melawan Republik Ceska. Empat hari berselang, Kroasia berhadapan dengan Republik Ceska. Kemudian pada 22 Juni 2021, di Hampden Park, berlangsung duel antara Kroasia vs Skotlandia.

Belum selesai tugas stadion yang sempat menjadi markas Oueen's Park FC ini. Sebuah laga pada babak 16 besar bakal dimainkan di sana. Pertandingan antara juara Grup E melawan peringkat ketiga terbaik dari Grup A/B/C/D. Partai tersebut berlangsung pada 29 Juni 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement