Selasa 08 Jun 2021 13:03 WIB

Arena Nationala, Venue Euro 2020 dengan Atap Membran Cantik

Arena Nationala akan menggelar tiga pertandingan Grup C Euro 2020.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Arena Nationala di Bukares, Rumania, tuan rumah tiga pertandingan Grup C Euro 2020.
Foto: EPA-EFE/ROBERT GHEMENT
Arena Nationala di Bukares, Rumania, tuan rumah tiga pertandingan Grup C Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKARES -- Salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020 adalah Rumania, dengan stadion tempat menggelar pertandingan di Arena Nationala. Stadion yang juga dikenal dengan nama Lia Manoliu itu akan menggelar tiga pertandingan Grup C, serta satu babak 16 besar. Laga Austria vs Makedonia Utara (13 Juni), Ukraina vs Makedonia Utara (17 Juni), serta Ukraina vs Austria (21 Juni, bakal dipanggungkan di stadion berkapasitas 55 ribu penonton tersebut.

Stadion ini resmi dibuka pada tahun 2011, setelah bangunan aslinya dirobohkan pada 2008. Arena Nationala modern dibangun di jantung Kota Bukares, dengan warna nasional Rumania. Stadion ini bahkan disebut-sebut mirip Colosseum kuno Roma, karena desainnya yang khas. Stadion ini dirancang sebagai arena serbaguna untuk berbagai acara seperti konser musik, dan pertandingan sepak bola. 

Baca Juga

Penting untuk tidak bergantung pada kondisi cuaca seperti apa pun. Sehingga, stadion milik kota Bukares ini dibangun dengan teknologi atap yang bisa dibuka. Atapnya yang cantik ini terbuat dari membran tembus pandang dengan luas permukaan yang bisa dibuka seluas 9.000 m², dan bisa dilakukan dalam 15 menit. 

Bentuknya lonjong, didukung oleh kabel yang berjalan pada 32 sumbu. Membran dibuka dan ditutup dengan menggunakan penggerak kabel dan sistem winch (derek). Saat atap yang bisa dibuka dibuka, membran disimpan di tengah stadion, di belakang layar TV raksasa.

Arena dengan teknologi atap yang mirip dengan Stadion Nasional di Warsawa itu mengambil struktur tanah yang sudah ada sebelumnya. Bersama dengan struktur beton bertulang tingkat atas dan struktur atap baja, menciptakan pusat struktural taman olahraga bersejarah. Pekarangan yang luas mengikuti relief tepian tanah memandu banyak penonton, dan memasuki stadion dengan lanskap taman yang ada.

Meski dibangun di jantung kota Bukares, stadion ini dikeliling oleh taman yang rindang, dengan kapasitas 2.100 ruang parkir. Meskipun tidak ada teknologi canggih dari stadion ini, namun fan yang datang dari luar negeri bisa sekalian melancong di kota tersebut. Ada banyak bangunan bersejarah, kesenian hingga gedung-gedung modern yang bisa memanjakan mata para pelancong.

Para penggemar sepak bola dan musik dapat menikmati pertandingan dan konser yang hebat tanpa khawatir cuaca ekstrem. Dengan kapasitas detail sebesar 55.643 kursi, markas dari klub Steau Bucharest dan Dinamo Bucuresti ini jadi yang terbesar di Rumania. Pada 2012, Arena Nationala jadi tuan rumah final Liga Europa antara Atletico Madrid dan Athletic Club. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement