Selasa 08 Jun 2021 12:06 WIB

Disdik DKI Perpanjang PPDB Jalur Prestasi Hingga 11 Juni

Perpanjangan karena pendaftar sempat mengalami kendala saat melakukan ajuan akun.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita
Seorang peserta didik melihat informasi untuk mengikuti proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seorang peserta didik melihat informasi untuk mengikuti proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta kembali memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online melalui jalur prestasi bagi jenjang SMP, SMA, dan SMK. Perpanjangan ini dilakukan setelah para pendaftar sempat mengalami kendala saat melakukan ajuan akun pada hari pertama pendaftaran, Senin (7/6).

"Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 pukul 14.00 WIB," kata Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/6).

Baca Juga

Awalnya, pendaftaran dijadwalkan berlangsung pada Senin (7/6) pukul 08.00 WIB sampai Rabu (9/6) pukul 14.00 WIB. Taga pun menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pendaftar PPDB di Ibu Kota.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengakui terjadinya kendala orang tua murid dalam mengakses website pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online. Hal ini disebabkan lantaran tingginya traffic atau pendaftar yang membuka website tersebut.

"Kalau hari ini sistemnya terkesan lambat, memang itu kejadian karena trafiknya cukup tinggi. Namun demikian, saya pastikan bahwa sistem hari ini dari pagi itu tetap jalan," kata Ketua Panitia PPDB Disdik DKI Jakarta Slamet dalam diskusi virtual, Senin (7/6).

Namun, Slamet membantah jika website PPDB DKI Jakarta dikatakan down. Menurut dia, server hanya mengalami perlambatan. Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya pun masih terus memantau masalah apa saja yang terjadi saat pelaksanaan PPDB online tersebut.

"Jadi sekali lagi, sistem hari ini tidak down, tapi mengalami perlambatan. Kami tim sedang berupaya untuk mengatasi perlambatan-perlambatan ini," jelas dia.

Selain itu, Slamet menambahkan, Disdik DKI  telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi perlambatan akses website PPDB tersebut. "Kami sudah siapkan baik peningkatan bandwidth-nya maupun penambahan-penambahan seperti server dan lain-lain," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement