Selasa 08 Jun 2021 05:45 WIB

Tanaman Bertasbih yang Diisyaratkan Al-Isra Ayat 44

Ilmuwan mengamati tanaman yang diisyaratkan Alquran.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Tanaman Bertasbih yang Diisyaratkan Al-Isra Ayat 44. Foto: Alquran
Foto: republika
Tanaman Bertasbih yang Diisyaratkan Al-Isra Ayat 44. Foto: Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dalam surat Al-Isra ayat 44, Allah berfirman bahwa segala sesuatu bertasbih kepada-Nya,  tetapi dengan cara yang tidak diketahui. Surat Al-Isra ayat 44 itu artinya:

"Langit yang tujuh bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun."

Baca Juga

Syafuddin Al-Indunisi dalam bukunya 'Kilauan Mukjizat Alquran' ayat di atas tersebut menunjukkan tanaman mempunyai kemampuan yang tersembunyi. Dan kemampuan ini tidak diketahui oleh manusia terutama yang tidak beriman kepada Allah SWT.

"Ada orang yang tidak beriman mempertanyakan bagaimana mungkin sesuatu seperti tanaman bisa memuji Allah?. Karena orang ini berpikir bahwa tanaman tidak bisa berbicara dengan mulut seperti manusia," katanya.

 

Syafuddin mengatakan para ilmuwan telah sejak lama mempelajari tanaman. Mereka menemukan bukti-bukti baru yang dahulu tidak diketahui oleh manusia.  

"Misalnya sejumlah ahli dari Amerika meneliti tanaman yang bernama Todder tanaman ini harus hidup bersama tanaman lain sebagai induk," tulisnya.

Ternyata tanaman Todder memiliki kesadaran, cara berkomunikasi dengan tanaman lain dengan bahasa kimiawi, sehingga tanaman ini mampu memilih tanaman mana yang lebih baik baginya untuk dijadikan induk. Tim peneliti dari negara Polandia menemukan bahwa tanaman Arabidopsis mampu mengingat dan bereaksi terhadap jenis-jenis cahaya yang berbeda. 

Informasi yang dapat dari cahaya digunakan oleh tanaman ini untuk meningkatkan Daya tahannya terhadap penyakit. Daun-daun menangkap informasi dari cahaya lalu disampaikan kepada helai-helai daun yang lain.

"Mirip seperti cara kerja saraf dalam tubuh manusia," katanya.

Tim peneliti lain dari Amerika melakukan penelitian terhadap tomat dan tembakau, ternyata tanaman tomat mampu membela dirinya dari gangguan serangga dengan menggunakan racun. Dan tanaman tembakau dapat menghindari gangguan serangga dengan mengubah waktunya mengembangkan bunga.

"Sedangkan peneliti Jerman menemukan bahwa tembakau mengeluarkan racun nikotin ketika serangga memakan daun daunnya. Skarang kita tahu bahwa tanaman tidak seperti yang dahulu kita pikirkan," katanya.

DNA adalah salah satu bagian terkecil yang ada di dalam tubuh makhluk hidup. Para peneliti menyatakan bahwa DNA bergetar dengan mengeluarkan suara yang bisa diketahui dengan peralatan tertentu.

Para ahli juga menyatakan bahwa segala sesuatu, baik makhluk hidup atau benda mati memancarkan radiasi dengan ukuran tertentu. Suara-suara atau pancaran ini dapat merupakan pujian terhadap Allah namun dalam bahasa yang kita tidak mengerti.

"Seperti yang dijelaskan oleh firman Allah"....tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement