Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Apa yang Dilakukan Abu Hurairah pada Masa Umar bin Khattab?

Selasa 08 Jun 2021 02:55 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Abu Hurairah tetap setia memberikan fatwa untuk umat hingga ajal menjemput. Ilustrasi hadist

Abu Hurairah tetap setia memberikan fatwa untuk umat hingga ajal menjemput. Ilustrasi hadist

Foto: MGROL100
Abu Hurairah tetap setia memberikan fatwa untuk umat hingga ajal menjemput

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Abu Hurairah radhiyallahu anhu memiliki peran besar dalam mengeluarkan fatwa pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab radhiyallahu anhu. 

Dilansir dari laman Mawdoo3 pada Ahad (6/6), Umar mengangkat Abu Hurairah menjadi gubernur Bahrain. Dia juga biasa mengeluarkan fatwa. Bahkan tak jarang Abu Hurairah memberikan fatwa di depan sahabat senior, Ibnu Abbas RA.  

Baca Juga

Kemudian Umar juga pernah melarangnya berbicara terlalu banyak. Umar khawatir Abu Hurairah akan membuat kesalahan. Selain itu orang-orang akan teralihkan olehnya dari Alquran. 

Namun pada akhirnya dia kembali meriwayatkan hadits. Hal ini dilakukan agar orang-orang mendapatkan ilmunya. Selain itu juga agar orang-orang munafik tidak menambah atau memutar balikkan hadits. 

Di samping itu, Umar pernah memberhentikan Abu Hurairah dari kepemimpinannya di Bahrain. Namun saat diminta untuk kembali menjabat, Abu Hurairah menolaknya. Kemudian Abu Hurairah menyampaikan: 

أخشى أن أقول بغير علم، وأقضي بغير حلم "Saya takut mengucapkan sesuatu tanpa ilmu dan memutuskan sesuatu tanpa kebijaksanaan".

Sebelumnya Rasulullah telah mengutusnya ke wilayah Bahrain sekarang untuk tujuan menyebarkan islam, mendidik dan memberikan mereka pengetahuan dalam masalah agama. Selain itu juga memberika fatwa kepada mereka. Abu Hurairah kemudian kembali ke Madinah sampai dia wafat pada tahun 57 Hijriyah. Rossi Handayani

Sumber: mawdoo3

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA