Senin 07 Jun 2021 22:05 WIB

Timnas Indonesia U-16 Mulai Seleksi Tahap Kedua

Ini merupakan rangkaian seleksi terakhir sebelum pembentukan kerangka timnas U-16.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas U-16 Bima Sakti (kedua kanan) memimpin sesi latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, belum lama ini.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Pelatih timnas U-16 Bima Sakti (kedua kanan) memimpin sesi latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-16 memulai rangkaian seleksi tahap kedua di Lapangan D, Senayan, Jakarta, pada Senin (7/6). Sebanyak 34 pemain ikut serta pada sesi latihan yang dipimpin langsung oleh pelatih Bima Sakti.

Sebanyak 34 calon pemain memulai rangkaian seleksi dengan melakukan pemanasan ringan. Adapun sesi pemanasan diawali dengan pembagian dua kelompok besar, masing-masing kelompok harus melakukan jogging dan sesi di atas matras.

"Hari ini kami sudah melaksanakan seleksi hari pertama dan para pemain yang didatangkan merupakan mereka yang sudah melewati seleksi tahap awal di daerah, dengan dibantu oleh 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI,” kata Bima dalam keterangan pers, Senin (7/6).

Setelah melakukan sesi pemanasan ringan, pemain pun dibagi menjadi tiga kelompok kecil. Masing-masing kelompok fokus pada koordinasi dan komunikasi antarpemain, sambil melakukan pemantapan teknik dasar seperti passing dan dribling.

Tak hanya itu, para pemain yang mengikuti seleksi kemudian melakukan game kecil, sebelum akhirnya diakhiri dengan permainan setengah lapangan dan eksekusi tendangan penalti.

"Saya harap pemain yang nantinya lolos memiliki sikap disiplin dan pantang menyerah, bukan hanya skill saja yang bagus, tetapi juga sikap yang baik di dalam maupun luar lapangan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Seleksi tahap kedua ini merupakan rangkaian seleksi terakhir sebelum pembentukan kerangka timnas U-16. Sebelumnya Bima Sakti sudah melakukan seleksi awal ke daerah-daerah di seluruh Indonesia, diikuti tahap pertama yang digelar pada April lalu.

Para pemain akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaik selama lima hari di masing-masing sesi, yang akan digelar pada 7-11 Juni 2021 dan 12-16 Juni 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement