Senin 07 Jun 2021 21:48 WIB

Polres Sukabumi Kota Inisiasi Vaksinasi Mobile bagi Lansia

Kegiatan vaksinasi mobile ini penting untuk terbentuknya herd immunity.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Polres Sukabumi Kota Inisiasi Vaksinasi Mobile bagi Lansia (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Polres Sukabumi Kota Inisiasi Vaksinasi Mobile bagi Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Polres Sukabumi Kota kembali melakukan vaksinasi Covid-19 mobile. Langkah ini dalam rangka akselerasi vaksinasi bagi kalangan lanjut usia (Lansia).

Kegiatan ini digelar di beberapa lokasi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota pada Senin (7/6). Salah satunya seperti yang diselenggarakan di Kelurahan Baros bersama puskesmas dan unsur Muspika Kecamatan Baros di Posyandu Delima 3 RW. 03 Kelurahan Baros Kecamatan Baros Kota Sukabumi.

''Vaksinasi mobile dilakukan untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi lansia,'' ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni kepada wartawan, Senin.

Hasilnya sebanyak 20 peserta dari warga lansia yang ada di kawasan Kelurahan Baros berhasil disuntik vaksin oleh petugas vaksinator yang telah disiapkan dalam vaksinasi mobile tersebut.

 

Bahkan usai mengikuti vaksinasi, sejumlah warga Lansia tersebut dibekali paket sembako yang telah disiapkan oleh Jajaran Polres Sukabumi Kota. Hal ini sebagai bentuk aksi sosial membantu warga yang membutuhkan.

Sumarni menuturkan, kegiatan vaksinasi mobile ini penting untuk terbentuknya herd immunity di Kota Sukabumi. Apalagi berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk lansia, presentasenya masih rendah dari data yang ada.

Di mana hanya 19 persen untuk vaksinasi tahap pertama kemudian ditahap kedua baru 11,8 persen. Oleh karenanya polres mencoba membantu Pemkot Sukabumi untuk akselerasi pelaksanaan vaksinasi lansia.

Makanya lanjut Sumarni, petugas mendatangi para lansia. Dalan artian bagi mereka yang tidak bisa datang ke tempat yang sudah disiapkan pemkot, petugas yang akan mendatangi lokasi tempat tinggal mereka.

Sumarni menerangkan, pelaksanaan vaksinasi mobile bagi lansia tersebut dinilainya berhasil untuk mempercepat program vaksinasi bagi Lansia. " Alhamdulilah hari ini sudah terlaksana untuk 20 Lansia yang divaksinasi di RW 03 di Kelurahan Baros dan ini akan terus dilakukan untuk Kelurahan lainnya,'' cetus dia.

Semoga ungkap Sumarni, kegiatan ini bisa membantu pemerintah kota bersama dengan warganya kita sama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi. Ia juga mengingatkan masyarakat yang telah menjalani vaksinasi agar tidak terlena, melainkan harus tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan di setiap aktifitasnya.

"Pelaksanaan vaksinasi ini bukan berarti protokol kesehatannya menjadi lengah,'' imbuh Sumarni. Masyarakat harus tetap mematuhi 5M untuk ikhtiar selain vaksinasi dan harus benar-benar disiplin agar warga bisa tetap sehat.

Terkait paket sembako yang diberikan kepada warga Lansia peserta vaksinasi mobile, Sumarni menerangkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu motivasi yang diberikan Jajaran Polres Sukabumi Kota. Khususnya untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

"Kami memberikan bantuan, juga disupport oleh warga masyarakat yang peduli terhadap pelaksanaan kegiatan ini,'' cetus Sumarni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement