Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

AFA Pastikan Partisipasi Argentina di Copa America 2021

Senin 07 Jun 2021 21:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni.

Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni.

Foto: EPA-EFE/Jalal Morchidi
Scaloni akan tetap menerima keputusan AFA untuk mengirimkan timnas Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memastikan partisipasi timnas Argentina di Copa America 2021, yang rencananya akan digelar di Brasil pada 13 Juni hingga 10 Juli mendatang. Sebelumnya, polemik dan kontroversi muncul terkait pemilihan Brasil sebagai tuan rumah pengganti Copa America 2021.

Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) akhirnya menunjuk Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021 menyusul pencoretan Kolombia dan Argentina sebagai negara penyelenggara edisi ke-47 turnamen antara negara di kawasan Amerika Selatan tersebut.

CONMEBOL mencoret Kolombia lantaran tengah mengalami kondisi instabilitas politik menyusul maraknya aksi protes terhadap Presiden Ivan Dugue Marquez. Sedangkan Argentina dicoret sebagai tuan rumah Copa America 2021 karena adanya tren peningkatan kasus positif Covid-19 di negara tersebut.

Namun, pemilihan Brasil sebagai tuan rumah pengganti Copa America 2021 menimbulkan polemik dan kontroversi. Polemik tersebut tidak terlepas dari keraguan terhadap kemampuan Pemerintah Brasil dalam menangani pandemi Covid-19.

Di kawasan Amerika Selatan, Brasil menjadi salah satu negara yang paling parah terdampak pandemi Covid-19. Pada pertengahan pekan lalu, jumlah kematian akibat Covid-19 di Brasil dilaporkan mencapai 462.791 orang. Selain itu, sudah ada lebih dari 16 juta orang yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Kondisi ini pun diperparah dengan lambatnya program vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Brasil. Bahkan, sejumlah kapten tim kontestan Copa America 2021 mengancam memboikot turnamen tersebut. Pun dengan ancaman dari sejumlah pemain bintang asal Amerika Selatan, seperti Luis Suarez, Casemiro, dan Juan Cuadrado.

Kendati begitu, AFA menegaskan tetap akan mengirim timnas Argentina untuk ikut ambil bagian di Copa America 2021. AFA pun menegaskan akan tetap melakukan berbagai langkah, termasuk menerapkan protokol kesehatan, dalam menjamin kesehatan para pemain, staf, dan oficial timnas yang berangkat ke Brasil.

''Argentina bisa mengonfirmasi keikutsertaan di Copa America 2021. Langkah ini mencerminkan semangat olahraga yang dimiliki tim ini. Dengan upaya besar AFA, yang menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk menjamin kesehatan di masa sulit ini, timnas akan bertolak ke Brasil dan tampil di kompetisi kontinental tersebut,'' tulis pernyataan resmi AFA seperti dilansir Marca, Senin (7/6).

Sementara pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, sempat mengungkapkan kekhawatirannya terkait kondisi pandemi Covid-19. Namun, Scaloni akan tetap menerima keputusan AFA untuk mengirimkan timnas Argentina tampil di Copa America 2021.

''Tentu saja, kondisi di Brasil mungkin sama atau lebih buruk dibanding di negara kami. Dari titik ini, cukup sulit memahami keputusan tersebut. Namun, kami harus tetap berjalan. Kami akan tetap berusaha tampil di turnamen itu dan mencoba meraih prestasi, kendati di tengah-tengah ketidakpastian,'' jelas Scaloni seperti dilansir Marca.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA