Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Membuat Bukit Hijau 'Teletubbies' dari Timbunan Limbah

Senin 07 Jun 2021 19:46 WIB

Red: Muhammad Hafil

Membuat Bukit Hijau

Membuat Bukit Hijau

Foto: Dok Republika
Limbah B3 diubah menjadi bukit hijau 'Teletubbies'.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Siapa sangka pemandangan bukit hijau yang menghampar luas di wilayah Klapanunggal Bogor itu berasal dari timbunan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3).

Ya, bukit yang mirip di film anak-anak "Teletubbies" itu tak pernah terbayangkan sebelumnya mengingat kawasan itu awalnya merupakan ceruk sisa penggalian baru kapur sebelum 1994.

Baca Juga

Dinding sisa galian berwarna putih itu kini berubah menjadi hijau dengan sejumlah rumput dan pepohonan di permukaannya.

Menurut manager Humas PPLI, Arum Pusposari mengubah kembali limbah-limbah B3 menjadi ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan kembali adalah komitmen dari perusahaan yang 95 persennya dikuasai oleh perusahaan Jepang DOWA Co Ltd dan 5 persen lainnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.

Di momen Hari Lingkungan Hidup yang jatuh tanggal 5 Juni kemarin, lanjut Arum, pihaknya menegaskan kembali untuk tetap menjaga kelestarian alam dan keseimbangan ekosistem. "Bukit hijau yang kami sebut landfill ini adalah bukti nyata kami mengubah limbah B3 menjadi kembali ke alam. Sedangkan limbah yang masih bisa didaur ulang akan kita kembali manfaatkan seperti digunakan sebagai bahan bakar, biji plastik, atau air jernih yang tidak berbahaya kita alirkan Kembali ke sungai," ungkap wanita yang sudah berkiprah selama 15 tahun di perusahaan pengolah limbah B3 tersebut, Senin (7/6).

Dijelaskan untuk membuat kuburan limbah B3 itu menjadi hijau sepenuhnya tidak bisa instan. "Butuh waktu 10 hingga 15 tahun untuk bisa sehijau ini," ungkapnya.

Selain dikubur sisa limbah yang sudah distabilkan dan hilang sifat racunnya, tambah Arum limbah B3 yang sudah tidak bisa lagi diolah untuk pemanfaatan maka akan dibakar melalui incinerator.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA