Senin 07 Jun 2021 17:52 WIB

Perkuat Bisnis, Semen Indonesia Masuk Pasar Produk Premium

Semen Indonesia akan memperkuat bisnis mortar di Indonesia.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).
Foto: istimewa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya PT Mitra Kiara Indonesia meluncurkan produk Mortar Indonesia. Mortar merupakan produk masa depan yang menuntut pengembangan secara kontinu karena pengembangan stock keeping unit (SKU) atau produk bermunculan di pasar. 

Direktur Utama Mitra Kiara Indonesia Mirza Whibowo Soenarto mengatakan, Mortar Indonesia memberikan added value yang besar serta menempatkan SIG dalam posisi yang kuat pada bisnis mortar di Indonesia yang akan meningkatkan diversifikasi produk, strategi, inovasi.

“Peluncuran ini mendukung visi besar Semen Indonesia untuk menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional dengan keberanian untuk bertindak beda dan selalu melebihi jangkauan (Go Beyond Next),” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (7/6).

Direktur Marketing & Supply Chain SIG, Adi Munandir menambahkan, peluncuran Mortar Indonesia merupakan pengembangan strategis dari transformasi Semen Indonesia yang mengedepankan inovasi pada proses produksi, portofolio produk serta proses bisnis, salah satu objektif utamanya transformasi teknologi konstruksi, metode konstruksi konvensional akan tergantikan dengan metode konstruksi modern.

“Di Indonesia lima persen metode konvensional on-site mix mortar telah tergantikan dengan metode modern pre-mix mortar yang terkonsentrasi di Pulau Jawa sekitar 73 persen. Hal ini membuka peluang besar untuk mentransformasi konstruksi nasional sebagai bentuk komitmen inovasi SIG”, ucapnya.

Peluncuran Mortar Indonesia juga mendapat apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir, dalam sambutannya dia meyakini produk mortar dari Semen Indonesia, akan menjadi produk kebanggaan Indonesia. 

“Ini bukan hanya sekedar peluncuran produk, tapi merupakan salah satu wujud inovasi dan transformasi SIG untuk menjadi BUMN berkelas dunia dan berwawasan masa depan” ungkapnya.

Menurut dia Adanya Sobat Bangun dan AksesToko merupakan salah satu contoh baik transformasi digital, tidak hanya untuk menangkap peluang, masa dan pasca pandemi, juga bertransformasi pada era teknologi. 

 

 

 

“Go Beyond Next sebuat spirit yang sejalan dengan program transformasi BUMN, selamat atas pencapaian ini untuk menjadi solusi penyedia bahan bangunan terbesar regional,” ucapnya.

Mortar Indonesia memiliki lima varian produk yaitu Mortar Indonesia Perekat Bata Ringan (D-1) sebagai perekat aplikasi bata ringan, Mortar Indonesia Perekat Bata & Plester (D-2) sebagai perekat bata dan plester dinding, Mortar Indonesia Acian Plester & Beton (D-3) sebagai acian pada permukaan plester dan beton baik interior maupun eksterior, Mortar Indonesia Perekat Keramik (K-1) sebagai perekat keramik pada dinding dan lantai serta Mortar Indonesia Perekat Granit (K-2) sebagai perekat granit (homogenous tile), keramik maupun batu alam pada dinding dan lantai. Kelima produk tersebut diformulasikan dengan komposisi campuran semen, pasir dan bahan pilihan yang tercampur secara secara homogen sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang lebih maksimal dengan kualitas terbaik.

Maka itu untuk memastikan jaminan ketersediaan produk, mutu dan kualitas, Mitra Kiara Indonesia memiliki pabrik terbesar ketiga se-Indonesia dengan kapasitas produksi 375 ribu ton mortar per tahun. Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas dua hektar ini adalah pabrik pertama di Indonesia dengan konsep usaha terintegrasi antar bahan baku mortar, dimana Pabrik MKI berada dalam satu kawasan dengan Pabrik SIG. 

Mortar Indonesia juga dikembangkan dengan teknologi terbaru untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Hal ini berbeda dengan produk mortar lainnya, Mortar Indonesia menerapkan sistem Integrated Comprehensive Process dari hulu hingga hilir, seluruh proses produksi, mulai dari pemilihan material hingga pengantongan mortar akan melalui serangkaian quality control yang menyeluruh. 

Pemilihan teknologi terkini dalam industri mortar juga telah menjadi salah satu faktor pembeda terhadap kualitas Mortar Indonesia dengan produk mortar lainnya, terutama dengan teknologi lime sand processing yang didukung oleh pemilihan bahan-bahan baku yang terpercaya dari unit SIG lainnya yang akan dapat menghasilkan produk yang lebih terjamin kualitasnya. Selain itu, terjaminnya pasokan bahan baku untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar dari segi kuantitas dan kualitas yang didukung oleh jaringan supply chain management Semen Indonesia yang telah terbentuk secara kokoh juga telah menjadi nilai tambah. 

 

Pabrik PT Mitra Kiara Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas Research & Development Center (R&D) seluas 400m2 dan dilengkapi dengan sarana serta prasarana yang mutakhir untuk mewujudkan pencapaian pertumbuhan industri bahan bangunan turunan semen pada masa depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement