Senin 07 Jun 2021 17:33 WIB

Disdik DKI Perpanjang PPDB Jalur Prestasi Hingga 10 Juni

Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan 10 Juni pukul 14.00 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Esthi Maharani
Seorang peserta didik melihat informasi untuk mengikuti proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di  SMA Negeri 87 Jakarta, Senin (7/6). Proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta mulai dibuka pada Senin (7/6). Pada tahun ini, ada empat jalur pendaftaran yang dibuka meliputi jalur prestasi, afirmasi, zonasi, perpindahan tugas orang tua dan anak guru. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seorang peserta didik melihat informasi untuk mengikuti proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMA Negeri 87 Jakarta, Senin (7/6). Proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta mulai dibuka pada Senin (7/6). Pada tahun ini, ada empat jalur pendaftaran yang dibuka meliputi jalur prestasi, afirmasi, zonasi, perpindahan tugas orang tua dan anak guru. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taga Radja mengakui adanya kendala pada hari pertama pelaksanaan PPDB secara online yang dilakukan pada Senin (7/6). Taga menyebut, pihaknya akan memperpanjang waktu pendaftaran bagi jenjang SMP, SMA dan SMK melalui jalur prestasi akademik dan non akademik tersebut.

Adapun berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, pelaksanaan PPDB jalur prestasi itu berlangsung mulai Senin, 7 Juni 2021 pukul 08.00 WIB hingga Rabu, 9 Juni 2021 pukul 14.00 WIB

"Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan 10 Juni pukul 14.00 WIB," kata Taga dalam diskusi virtual, Senin (7/6).

Selain itu, Taga juga meminta maaf kepada masyarakat atas kendala yang dialami selama proses pendaftaran PPDB secara online. Ia memastikan, pihaknya akan terus berupaya agar hal serupa tidak terulang kembali.

"Saya mohon maaf atas nama pemerintah, atas nama Dinas Pendidikan atas ketidaknyamanan pelayanan PPDB hari ini. Karena kita berupaya semaksimal mungkin, namun belum optimal, masih ada kekurangan. Tapi Insya Allah, kita akan berupaya tidak bosan-bosan memperbaiki," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengakui terjadinya kendala orang tua murid dalam mengakses website pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online. Hal ini disebabkan lantaran tingginya traffic atau pendaftar yang membuka website tersebut.

"Kalau hari ini sistemnya terkesan lambat, memang itu kejadian karena trafficnya cukup tinggi. Namun demikian, saya pastikan bahwa sistem hari ini dari pagi itu tetap jalan," kata Ketua Panitia PPDB Disdik DKI Jakarta Slamet dalam diskusi virtual, Senin (7/6).

Namun, Slamet membantah jika website PPDB DKI Jakarta dikatakan down. Menurut dia, server hanya mengalami pelambatan. Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya pun masih terus memantau masalah apa saja yang terjadi saat pelaksanaan PPDB online tersebur.

"Jadi sekali lagi, sistem hari ini tidak down, tapi mengalami pelambatan. Kami tim sedang berupaya untuk mengatasi pelambatan-pelambatan ini," jelas dia.

Selain itu, Slamet menambahkan, Disdik DKI  telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi perlambatan akses website PPDB tersebut. "Kami sudah siapkan baik peningkatan badwitchnya maupun penambahan-penambahan seperti server dan lain-lain," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement