Senin 07 Jun 2021 16:26 WIB

Perusahaan Ini Hadirkan Mobil Listrik Mirip Vacuum Cleaner

Trombia Free hadir sebagai street sweeper yang ramah lingkungan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, KUOPIO -- Di sejumlah kota besar, kebersihan jalan raya tak lagi mengandalkan personel petugas kebersihan. Beberapa kota besar telah menggunakan mobil khusus yang mampu melakukan tugas tersebut secara lebih cepat dan efektif.

Salah satu perusahaan yang fokus untuk menggarap pasar kendaraan yang disebut juga sebagai street sweeper itu adalah Trombia Technologies. Dilansir dari Yanko Design pada Senin (7/6), perusahaan asal Finlandia itu pun telah melakukan pengembangan terbaru untuk mobil yang memiliki fitur menyerupai vacuum cleaner tersebut.

Baca Juga

Pengembangan itu diwujudkan lewat produk dengan nama Trombia Free. Kendaraan itu merupakan sebuah sweeper bertenaga listrik. Artinya, Trombia Free hadir sebagai street sweeper yang ramah lingkungan.

Selain itu, electric vehicle (EV) tersebut juga dihadirkan sebagai street sweeper otonom. Dengan begitu, Trombia Free mampu melakukan tugasnya tanpa perlu mengandalkan pengemudi.

 

Trombia mengklaim, ini adalah street sweeper otonom pertama di dunia. CEO of Trombia Technologies, Antti Nikkanen mengatakan, Trombia Free merupakan street sweeper yang didesain untuk mempu melakukan tugasnya dengan efisien, efektif, aman dan ramah lingkungan.

Trombia Free sendiri diklaim mampu menekan biaya operasional hingga 15 kali lebih rendah. Karena, selain menggunakan daya listrik dan tak menggunakan operator, skema pembersihan Trombia Free juga tak lagi menggunakan air.

Dalam menjalakan tugasnya untuk membersihkan jalan, alat ini menggunakan prinsip siklus penyaringan dan humidifier methods. Dengan begitu, proses pembersihan pun jadi lebih efisien dan efektif.

Total rata-rata daya listrik yang diperlukan sendiri hanya sekitar 10 kW. Agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih cepat, maka Trombia Free dapat beroperasi dengan kecepatan maksimal sekitar 8 kilometer/jam.

Untuk menunjang sistem kendali otonom, kendaraan ini ditunjang oleh sistem robosense yang mampu mendeteksi kondisi jalan secara akurat. Jika sensor itu melihat ada hewan atau pengguna jalan yang melintas, maka Trombia Free mampu berhenti secara otomatis.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement