Senin 07 Jun 2021 12:27 WIB

Wali Kota Bandung sampaikan Duka Cita Mendalam

Atas meninggalnya Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja.

Walikota Bandung Oded M Danial
Foto: Humas Kota Bandung
Walikota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemerintah Kota Bandung  menyampaikan rasa belasungkawa mendalam dan turut berduka cita atas meninggalnya Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, SH, LLM pada minggu, 6 Juni 2021 di Jakarta. "Innalillaahi wa inna ilaihi roji'un, telah wafat Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, SH.,LLM pada hari Minggu 6 Juni 2021. Saya secara pribadi dan atas nama Pemkot Bandung menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka cita mendalam atas kepergian almarhum," ungkap Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Bandung, Ahad (6/06). 

Dikatakan Oded, Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja adalah putra sunda  kelahiran Jakarta, yang namanya harum tak hanya di tingkat nasional, juga internasional. ''Beliau merupakan Guru Besar dan pernah menjabat sebagai Dekan di Fakultas Hukum dan Rektor di Universitas Padjadjaran Bandung, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973-1978), dan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV Kabinet Pembangunan III dan IV (1978-1988),'' paparnya. 

Salah satu kontribusi besar beliau bagi negara, adalah upaya beliau yang sangat gigih memperjuangkan wawasan nusantara, dan pengakuan negara Republik Indonesia senagai negara kepulauan, juga atas kawasan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) sepanjang 12 KM dari  tepi pantai terluar yang diakui sebagai wilayah kedaulatan negara Republik Indonesia. "Perjuangan dan kontribusi beliau bagi bangsa dan negara sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah, misalnya gelar pahlawan, namun kita serahkan hal ini sepenuhnya kepada pemerintah pusat, agar dipertimbangkan," pungkas Oded.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement