Senin 07 Jun 2021 12:23 WIB

30 Orang Meninggal dalam Kecelakaan Kereta di Pakistan

Kereta yang bertolak dari Karachi menuju Sargodha tergelincir.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Kereta api di Pakista, ilustrasi
Foto: AP Photo
Kereta api di Pakista, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD – Insiden kecelakaan kereta terjadi di wilayah selatan Pakistan pada Senin (7/6). Setidaknya, 30 orang dilaporkan meninggal dalam peristiwa tersebut.

Seorang juru bicara otoritas perkeretaapian Pakistan mengungkapkan, kereta yang bertolak dari Karachi menuju Sargodha tergelincir. Gerbong kereta kemudian jatuh ke jalur berlawanan. “Beberapa orang tewas dan banyak lainnya terjebak di dalam (gerbong),” katanya.

Baca Juga

Umar Tufail, seorang perwira polisi senior di Daharki mengonfirmasi, jumlah korban tewas sebanyak 30 orang. Rekaman video ponsel yang ditayangkan di televisi dari lokasi kejadian menunjukkan puing-puing, dengan beberapa gerbong kereta api hijau Pakistan tergeletak di sisinya.

Insiden kecelakaan kereta api kerap terjadi di Pakistan. Pada Oktober 2019, sedikitnya 75 orang tewas saat kereta api rute Karachi-Rawalpindi terbakar. Pada 2016, dua kereta yang membawa ratusan penumpang bertabrakan di Karachi dan menyebabkan 21 orang tewas.

Pakistan memiliki ribuan kilometer rel dan kereta api peninggalan kolonial Inggris. Namun, jaringan tersebut telah mengalami penurunan selama beberapa dekade karena korupsi, kesalahan manajemen atau pengelolaan, dan minimnya investasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement