Senin 07 Jun 2021 00:55 WIB

Kombinasi Protein Shake dan Kopi Jadi Tren, Apa Manfaatnya?

Kombinasi protein shake dan kopi dikenal dengan nama 'Proffee'.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kombinasi protein shake dan kopi dikenal dengan nama 'Proffee'.
Foto: Pixabay
Kombinasi protein shake dan kopi dikenal dengan nama 'Proffee'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sebuah tren minuman baru yang mulai digandrungi oleh sebagian penggemar kopi. Tren minuman yang dikenal sebagai "proffee".

Nama proffee berasal dari dua bahan utama yang digunakan dalam minuman tersebut, yaitu kopi cold brew atau jenis kopi lain dan protein shake atau bubuk protein. Untuk membuat minuman ini, kedua bahan tersebut cukup disatukan hingga tercampur rata.

Baca Juga

Kombinasi kopi dan protein shake mungkin terdengar sangat menyegarkan dan dapat memberikan "suntikan" energi yang besar. Akan tetapi, ahli gizi Kim Rose memiliki beberapa masukan terkait tren proffee ini.

Salah satu anjuran yang diberikan Rose adalah memilih protein shake dan kopi yang tidak memiliki daftar bahan terlalu panjang. Hindari produk-produk yang memuat bahan-bahan dengan nama yang asing dan sulit diucapkan.

 

Rose juga menganjurkan agar protein shake atau bubuk protein yang digunakan tidak memuat terlalu banyak gula. Perhatikan pula takaran saji dan persentase gula tambahan dalam produk tersebut sebelum mengolahnya menjadi proffee.

"Cari bubuk protein yang tak berpemanis," jelas Rose, seperti dilansir EatThis, Ahad (6/6).

Beberapa ahli kesehatan menilai minuman proffee bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan asupan protein. Yang terpenting adalah membatasi penggunaan bahan tambahan seperti gula, sirup manis, atau krim.

Menurut British Heart Foundation, sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 0,75 gram protein per kilogram berat badan per hari. Protein memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah untuk membangun dan menjaga massa otot.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement