Kemarau Tiba, Petugas Gabungan Berlatih Atasi Karhutla

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan lahan yang terbakar (ilustrasi)
Petugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan lahan yang terbakar (ilustrasi) | Foto: Antara/Makna Zaezar

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Memasuki musim kemarau, kebakaran menjadi ancaman di hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Majalengka. Untuk itu, petugas gabungan melakukan latihan terpadu untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pembukaan latihan terpadu penanggulangan bencana alam dan karhutla tingkat Polres Majalengka itu dibuka oleh Kapolres Majalengka, AKBP Syamsul Huda, di Mapolres Majalengka, Jumat (4/6). Latihan gabungan itu melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, TNGC dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Majalengka. "Latihan gabungan ini dilakukan dalam rangka antisipasi bencana serta meningkatkan kemampuan SAR dan penanganan karhutla di wilayah Kabupaten Majalengka tahun 2021," kata Syamsul.

Baca Juga

Syamsul mengatakan, memasuki musim kemarau, diperlukan suatu metode pelatihan yang sudah terstruktur dan tersistem. Dengan demikian, jika kebakaran itu memang terjadi, maka petugas sudah memahami harus berbuat apa dan berkoordinasi dengan siapa saja.

Syamsul menilai, saat peristiwa sesungguhnya terjadi di lapangan, sering kali kinerja petugas kurang efektif. Hal itu disebabkan minim koordinasi karena peristiwanya terjadi mendadak dan upaya penanganan dilakukan terburu-buru.

"Meskipun dengan tujuan yang sama, tetapi karena sendiri-sendiri, maka secara keseluruhan kinerja kita menjadi kurang efektif. Untuk itu, dengan latihan bersama ini, diharapkan kita dapat melaksanakan tugas dengan baik karena semuanya sudah terkoordinasi," tandas Syamsul.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


TNI-Polri Patroli Terpadu Cegah Karhutla di Kapuas Hulu

Curi Uang Kotak Amal, Warga Kuningan Diamankan Polisi

Dua Helikopter Padamkan Kebakaran Lahan di Ogan Hilir Sumsel

Delapan Kabupaten di Sumsel Bersiaga Hadapi Karhutla

Kelabui Polisi, Pengendara Nekat Pakai Plat Dinas Palsu

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image